ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK KESADARAN HALAL DAN NIAT BELI MAHASISWA MUSLIM DI PULAU JAWA PADA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN KEMASAN HALAL

Anindita, Febiyanti (2023) ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK KESADARAN HALAL DAN NIAT BELI MAHASISWA MUSLIM DI PULAU JAWA PADA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN KEMASAN HALAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANINDITA FEBIYANTI_ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK KESADARAN HALAL DAN NIAT BELI MAHASISWA MUSLIM DI PULAU JAWA PADA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN KEMASAN HALAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesadaran halal memainkan peran penting bagi umat Muslim dalam pembentukan preferensi terhadap produk halal. Ketika Muslim memiliki kesadaran halal yang kuat akan berimplikasi pada perilaku konsumsi yang mengarahkan pada pembelian produk sesuai aturan Islam. Sehingga perlu diketahui apa saja faktor pembentuk dari kesadaran halal yang mampu mempengaruhi keinginan untuk membeli produk halal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk adakah pengaruh keyakinan agama, alasan kesehatan, sertifikasi halal dan media eksposur terhadap niat beli mahasiswa muslim di Pulau Jawa melalui kesadaran halal pada produk makanan dan minuman kemasan halal. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data primer yang digunakan diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan skala semantic differential. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Muslim di Perguruan Tinggi Pulau Jawa yang mengetahui produk kemasan berlogo halal. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang berjumlah 415 responden. Alat analisis menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan keyakinan agama berpengaruh terhadap kesadaran halal, kemudian alasan kesehatan menunjukkan hasil yang sama, yaitu: berpengaruh terhadap kesadaran halal, sertifikasi halal berpengaruh terhadap kesadaran halal dan media eksposur berpengaruh terhadap kesadaran halal. Pengujian berikutnya dilakukan pada variabel bebas keyakinan agama, alasan kesehatan, sertifikasi halal dan media eksposur terhadap variabel terikat yaitu niat beli, terdapat tiga variabel bebas yang berpengaruh positif terhadap niat beli sedangkan sertifikasi halal tidak memiliki pengaruh terhadap niat beli. Dalam studi ini juga ditemukan kesadaran halal memediasi secara parsial antara keyakinan agama terhadap niat beli, kemudian pengujian berikutnya menunjukkan hasil alasan kesehatan berpengaruh terhadap niat beli melalui kesadaran halal, kesadaran halal memediasi secara simultan antara sertifikasi halal terhadap niat beli dan kesadaran halal memediasi secara parsial antara media eksposur terhadap niat beli produk makanan minuman kemasan halal. Kata Kunci : Keyakinan Agama, Alasan Kesehatan, Sertifikasi Halal, Media Eksposur, Niat Beli, Makanan minuman kemasan halal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keyakinan Agama, Alasan Kesehatan, Sertifikasi Halal, Media Eksposur, Niat Beli, Makanan minuman kemasan halal
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anindita Febiyanti sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:00
Last Modified: 26 Oct 2023 07:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22377

Actions (login required)

View Item View Item