IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MTs AL-HASAN BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS

Azamul, Istiqomah (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MTs AL-HASAN BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Azamul Istiqomah_Implementasi Pendekatan CTL pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Hasan Banjarsari Kabupaten Ciamis.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Contextual Teaching and Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan keterlibatan peserta didik secara penuh dalam proses pembelajaran untuk dapat memahami materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan kehidupan nyata serta menerapkannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Contextual Teaching and Learning diterapkan pada proses pembelajaran dilatar belakangi oleh keperihatinan dengan kondisi proses pembelajaran yang terjadi di tanah air, yang hanya melahirkan output yang kaya dengan gagasan namun miskin dalam pengaplikasian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis implemetasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTs Al-Hasan Banjarsari Kabupaten Ciamis, (2) Mendeskripsikan kendala-kendala dalam pengimplementasian pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTs Al-Hasan Banjarsari Kabupaten Ciamis, (3) Mendeskripsikan solusi yang dilakukan guru al-qur’an hadits dalam mengimplementasikan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk mengatasi kendala yang terjadi. Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian lapangan, dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian di analisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Dengan menggunakan implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTs Al-Hasan Banjarsari, dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari. (2) Kendala dalam implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran al-qur’an hadits yaitu dari segi waktu (terbatasnya waktu pembelajaran) dan peserta didik (perbedaan karakteristik dari masing-masing peserta didik). (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dari segi waktu yaitu dengan cara guru mengelompokkan peserta didik menjadi beberapa kelompok dalam proses pembelajaran, dan dari segi peserta didik yaitu dengan cara guru melakukan pendekatan kepada peserta didik, memberikan nasihat, motivasi, dan memberikan bimbingan khusus bagi anak yang belum bisa membaca al-qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Al-Qur'an Hadits.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azamul l Istiqomah sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:06
Last Modified: 26 Oct 2023 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22374

Actions (login required)

View Item View Item