STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN MELALUI PROGRAM TICC (TAHFIDH AND INTERNATIONAL CURRICULUM CLASS) DI SMP AL-IRSYAD TEGAL

Amalia, Rizki (2023) STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN MELALUI PROGRAM TICC (TAHFIDH AND INTERNATIONAL CURRICULUM CLASS) DI SMP AL-IRSYAD TEGAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amalia Fathur Rizki_Strategi Menghafal Al-Qur'an Melalui Program TICC (Tahfidh and International Curriculum Class) di SMP Al-Irsyad Tegal.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah terkait dengan strategi menghafal Al-Qur’an melalui program TICC (Tahfidh and International Curriculum Class) di SMP Al-Irsyad Tegal dengan tujuan diantaranya untuk mengetahui strategi menghafal Al-Qur’an melalui program TICC (Tahfidh and International Curriculum Class) di SMP Al-Irsyad Tegal, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi dalam menghafal Al-Qur’an, adapun tujuan lainnya terkait langkah dan solusi yang diambil oleh guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an serta untuk mengetahui cara menjaga hafalan Al-Qur’an di SMP Al-Irsyad Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka dan studi lapangan. Pengumpulan data diperoleh berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah, guru tahfidz, dan peserta didik, observasi terhadap program TICC, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan antara lain tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperoleh temuan bahwa strategi mencetak siswa penghafal Al-Qur’an melalui program TICC di SMP Al-Irsyad Tegal diantaranya dengan menerapkan kegiatan tahfidz pasif secara rutin, mengadakan tahfidz di luar sekolah, mengadakan ujian tahfidz dan wisuda tahfidz. Faktor yang mendukung dan menghambat dalam menghafal Al-Qur’an antara lain dukungan dan pemberian motivasi, sarana dan prasarana yang memadai, faktor dalam diri sendiri seperti kesehatan tubuh, kesehatan psikologis, dan kecerdasan. Adapun langkah dan solusi yang diambil oleh guru SMP Al-Irsyad Tegal dalam mengatasi faktor penghambatnya yaitu dengan mengadakan kegiatan tahfidz pasif, mengadakan program Baca Tulis Al-Qur’an (BTA), dan mengkomunikasikan secara terbuka kepada orang tua siswa maupun guru. Menjaga hafalan Al-Qur’an di SMP Al-Irsyad Tegal yaitu dengan selalu muroja’ah, menyalakan dan memperdengarkan murotal Al-Qur’an. Kata Kunci: Strategi, Menghafal Al-Qur’an, Program TICC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi, Menghafal Al-Qur’an, Program TICC
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amalia Fathur Rizki sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:09
Last Modified: 30 Oct 2023 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22368

Actions (login required)

View Item View Item