Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Islam Bustanu Usysyaqil Qur'an (BUQ) Lesmana Ajibarang Banyumas

Nafisa, Purnamasari (2023) Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Islam Bustanu Usysyaqil Qur'an (BUQ) Lesmana Ajibarang Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nafisa Purnamasari_Peran Guru Dalam Mengalami Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas V SD Islam Bustanu 'Usysyaqil Qur'an Lesmana Ajibarang Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PERAN GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD ISLAM BUSTANU ‘USYSYAQIL QUR’AN (BUQ) LESMANA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar Matematika siswa kelas V SD Islam Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an (BUQ) Lesmana Ajibarang Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan metode penelitian yaitu metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan dua teknik yaitu teknik sebelum di lapangan dan analisis di lapangan. Berdasarkan pada penelitian yang sudah dilakukan, peneliti menemukan tiga kesimpulan. Pertama, bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V antara lain: ada siswa yang sulit dalam memahami simbol-simbol, kesulitan dalam memahami konsep matematika, kesulitan dalam memecahkan masalah, kesulitan dalam memahami materi tetapi mereka malu untuk bertanya kepada guru, bahkan sebagian besar dari mereka masih sulit dalam perhitungan. Kedua, peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas V yaitu: guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai evaluator , guru sebagai pembimbing dan guru sebagai pengelola kelas. Ketiga, kendala Guru dalam mengatasi bentuk kesulitan yang dihadapi siswa kelas V pada pembelajaran matematika terbagi menjadi dua faktor yaitu: faktor internal (dari diri siswa): kondisi fisik siswa, sikap siswa dalam belajar dan psikologi siswa. Yang kedua faktor eksternal (dari luar siswa): lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Kata kunci : Peran; Guru; Matematika; dan Kesulitan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ; Guru; Matematika; dan Kesulitan Belajar.
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NAFISA PURNAMASARI sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 05:24
Last Modified: 26 Oct 2023 05:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22360

Actions (login required)

View Item View Item