PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN LAYANAN DIGITAL SYARIAH PSDS TERHADAP MINAT INVESTASI TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG PURWOKERTO

Atabik, Atabik (2023) PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN LAYANAN DIGITAL SYARIAH PSDS TERHADAP MINAT INVESTASI TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Vina Septiani_Pengaruh Persepsi Penggunaan Layanan Digital Syariah PSDS Terhadap Minat Investasi Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya minat masyarakat dalam bidang investasi terutama investasi emas membuat berbagai lembaga keuangan berlomba-lomba untuk merilis produk guna mewadahi minat masyarakat dalam berinvestasi emas salah satunya pegadaian syariah. Serta dengan mengikuti perkembangan teknologi, pegadaian syariah merilis sebuah layanan digital syariah bernama Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS). PSDS ini menawarkan berbagai manfaat serta kemudahannya kepada nasabah untuk melakukan berbagai transaksi pegadaian termasuk berinvestasi emas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi penggunaan layanan digital syariah PSDS diantaranya persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap minat investasi tabungan emas pada nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan analisis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 90 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen yang digunakan yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data dengan metode analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi 〖(R〗^2) dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat dengan nilai signifikan 0,034 < 0,05 dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan persepsi kemudahan dan persepsi manfaat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, dengan koefisien determinasi sebesar 38,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Minat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Vina Septiani sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 05:35
Last Modified: 26 Oct 2023 05:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22351

Actions (login required)

View Item View Item