HABITUASI KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI DI MA TARBIYATUL AULAAD KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP

Ahmad, Ibnu Mas'ud (2023) HABITUASI KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI DI MA TARBIYATUL AULAAD KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ahmad Ibnu Mas'ud_Habituasi Karakter Religius dan Mandiri di MA Tarbiyatul Aulaad Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi saat ini, harapan memiliki anak yang berkarakter merupakan dambaan bagi semua orang. Akan tetapi proses pembentukan karakter sangat sulit untuk dilakukan bila tidak memiliki tempat yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Melihat fenomena tersebut madrasah juga menjadi salah satu wadah dan juga rumah bagi peserta didik yang sangat membutuhkan habituasi dalam proses penanaman pendidikan karakter untuk menumbuhkan generasi bangsa yang berkualitas. Karakter penting disini yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik yaitu karakter religius dan juga mandiri. Karakter tersebut dibutuhkan sebagai bekal mereka bila nantinya mereka sudah harus menghadapi kehidupan di masyarakat. Salah satu madrasah yang menerapkan habituasi karakter religius dan mandiri yaitu di MA Tarbiyatul Aulaad Cilacap. Madrasah ini memiliki nilai lebih dibandingkan madrasah lainnya di kabupaten Cilacap, yaitu MA Tarbiyatul Aulaad Cilacap peserta didik juga dibekali ketrampilan dan skill agar peserta didik tersebut melanjutkan sekolah atau kuliah, anak itu sudah mempunyai kemampuan. Kemampuan ini bisa untuk menghidupi kebutuhannya sendiri dan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitanya. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk memformulasikan dan mengetahui proses Habituasi karakter religius dan mandiri di MA Tarbiyatul Aulaad Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif, dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analitik. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research). Hasil penelitian bahwa MA Tarbiyatul Aulaad Cilacap memiliki peserta didik enam puluh tiga siswa, dengan jumlah laki-laki sebanyak dua puluh lima dan perempuan sebanyak tiga puluh delapan peserta didik. MA Tarbiyatul Aulaad Cilacap ini terletak di daerah Bandengan, Desa Tegalkamulyan Cilacap dan merupakan madrasah yang masih tergolong baru yaitu berdiri pada tahun 2020. Di MA Tarbiyatul Aulaad Cilacap melaksanakan habituasi karakter religius dan mandiri pada semua peserta didiknya. Hal tersebut dibuktikan dengan membiasakan peserta didik dalam kegiatan keagamaan serta membiasakan karakter mandiri, yaitu mandiri dalam memenuhi kebutuhan diri dan juga dalam menyiapkan kemampuan mereka di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Habituasi, Karakter, Mandiri, Madrasah, dan Religius.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Ibnu Mas'ud sdr
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:28
Last Modified: 26 Oct 2023 04:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22338

Actions (login required)

View Item View Item