ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 1 KARANGNANAS

ARI, SETIANI (2023) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 1 KARANGNANAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ARI SETIANI_ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 1 KARANGNANAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan penulis membahas mengenai analisis faktor kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka belajar di SD Negeri 1 Karangnanas. Adapun tujuan mengenai penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka belajar dan faktor penyebabnya yang ada di SD Negeri 1 Karangnanas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena yang terjadi terhaddap subjek yang diteliti dan mampu menghasilkan data yang bersifat deskriptif, dengan bentuk dokumentasi tulisan dan juga bentuk lisan yang peneliti peroleh melalui analisis data penulis menggunakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka belajar siswa mengalami kesulitan belajar yaitu ditunjukkan dengan siswa mengalami 8 indikator kesulitan belajar Siocial, Acadiemic, Mietaciognitif, Attientiion, Priosiessing Spieied, Piercieptiion, Miemiory, Languagie. Adapun faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran IPAS kuriulum merdeka belajar di SD Negeri 1 Karangnanas disebabkan oleh adanya faktor internal yaitu dari segi psikologi dan mental, emosional dan kebiasaan sikap yang salah serta faktor eksternal yaitu fator dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Kata Kunci : Faktor kesulitan belajar siswa, Pembelajaran IPAS, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor kesulitan belajar siswa, Pembelajaran IPAS, Kurikulum Merdeka.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Setiani sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:32
Last Modified: 26 Oct 2023 04:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22337

Actions (login required)

View Item View Item