EKSISTENSI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (STUDI KASUS PELAKU UMKM PETIS ENTHOG IBU SARASWATI DI KECAMATAN SUMPIUH

AGUSTININGSIH, AGUSTININGSIH (2023) EKSISTENSI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (STUDI KASUS PELAKU UMKM PETIS ENTHOG IBU SARASWATI DI KECAMATAN SUMPIUH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AGUSTININGSIH_EKSISTENSI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (STUDI KASUS PELAKU UMKM PETIS ENTHOG IBU SARASWATI DI KECAMATAN SUMPIUH).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak Digital marketing merupakan suatu perkembangan teknologi yang tidak dapat dielakkan lagi dalam era globalisasi, hampir semua lini kehidupan telah mengadopsi dunia digital. Usaha bidang makanan dapat dijadikan sebagai salah satu ekonomi kreatif, apalagi setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri salahsatunya Kecamatan Sumpiuh, dikenal sebagai “Kota Enthog” di Kabupaten Banyumas. Petis enthog menjadi produk terbooming pada tahun 2014. Akan tetapi, karena minimnya sumber daya manusia dalam pemasaran, berdampak pada turunnya pengembangan produk petis enthog. Penelitian ini bertujuan agar peran teknologi dapat membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkkan usahanya melalui digital marketing dan mengembangkan pola pemasaran yang sudah berjalan produknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi digital marketing pada usaha Ibu Saraswati tergolong sangat sederhana, saat ini beliau hanya memanfaatkan media whatsapp sebagai sarana pemasaran dan berinteraksi dengan konsumennya. Iklan status whatsapp biasa dilakukan beliau serta beberapa konsumen melakukan sistem Pre Order guna mendapatkan produk yang dijual Ibu Saraswati. Sementara dalam mempertahankan usaha petis enthog, Ibu Saraswati aktiv mengikuti event-event UMKM yang ada di Kecamatan Sumpiuh, selain hal tersebut beliau berupaya tetap mempertahankan beberapa alat tradisional dalam mengolah dan menyajikan produknya. Kata Kunci: Eksistensi, Digital Marketing, UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Digital Marketing, UMKM
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.4 Kedudukan Wanita dalam Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: AGUSTINING AGUSTININGSIH sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:19
Last Modified: 26 Oct 2023 04:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22328

Actions (login required)

View Item View Item