ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB TA’LIM ASH-SHIBYAN AT-TAUHID KARYA SYAIKH MUHAMMAD AT-TAMIMI

Mohammad, Syahrul (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB TA’LIM ASH-SHIBYAN AT-TAUHID KARYA SYAIKH MUHAMMAD AT-TAMIMI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MOHAMMAD SYAHRUL SYAHBILA_ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB TA'LIM ASH-SHIBYAN AT-TAUHID KARYA SYAIKH MUHAMMAD AT-TAMIMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena baru yang mulai marak di sekitar kita adalah bergesernya keyakinan masyarakat karena pengaruh dari beberapa hal yang diberitakan melalui media masa baik cetak maupun digital. Diantaranya adalah perkara-perkara gaib, pesugihan, atau orang yang mampu menyembuhkan penyakit dengan cara-cara gaib dan menjurus kepada syirik. Dalam keadaan kritis, manusia sangat membutuhkan pertolongan. Oleh karena itu, pendidikan tauhid hendaknya dilakukan sedini mungkin, karena setiap anak mempunyai fitrah bertuhan sejak sebelum ia lahir di dunia. Anak sebaiknya dibina ketauhidannya sejak dini secara terus-menerus hingga perkembangan ketauhidannya semakin sempurna. Ia menjadi manusia tauhid yang benar-benar mencintai Allah di atas segalanya. Salah satu cara untuk membina tauhid seorang anak adalah dengan belajar melalui buku atau kitab tentang tauhid, salah satu kitabnya yakni Ta’lim Ash-Shibyan At-Tauhid karya Syaikh Muhammad At-Tamimi yang di dalamnya memuat berbagai nilai-nilai pendidikan tauhid untuk menjadi bekal awal seorang muslim dalam mempelajari tauhid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan tauhid yang terkandung dalam kitab Ta’lim Ash-Shibyan At-Tauhid karya Syaikh Muhammad At-Tamimi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data library research (penelitian kepustakaan). Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan conten analysis (analisis isi). Sumber data primer yang digunakan oleh peneliti adalah kitab Ta’lim Ash-Shibyan At-Tauhid karya Syaikh Muhammad At-Tamimi dan data sekunder dalam penelitian ini adalah bulkul Melngajarkan Anak Taulhid karya Abul Salma Mulhammad, kitab Aqidatul Awam, dan kitab At-Tauhid Lish Shaffil Awwal Al-'Aliy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan tauhid dalam kitab Ta’lim Ash-Shibyan At-Tauhid karya Syaikh Muhammad At-Tamimi terdiri dari empat nilai-nilai, yaitu nilai keimanan kepada Allah, nilai ibadah kepada Allah, nilai Aqidah Islam, dan nilai cinta Nabi Muhammad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Pendidikan Tauhid, Ta'lim Ash-Shibyan At-Tauhid
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.1 Iman Kepada Allah
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.4 Nabi dan Rasul
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Syahrul Syahbila sdr
Date Deposited: 26 Oct 2023 05:56
Last Modified: 26 Oct 2023 05:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22307

Actions (login required)

View Item View Item