STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BATIK MENGGUNAKAN BUSSINES MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT (Studi Pada UMKM Batik Ecoprint Eucalyptus Momsky Purwokerto)

Ihda Tyan, Norfalasifa Lathifa (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BATIK MENGGUNAKAN BUSSINES MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT (Studi Pada UMKM Batik Ecoprint Eucalyptus Momsky Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ihda Tyan Norfalasifa Lathifa_Strategi Pengembangan UMKM Batik menggunakan Bussines Model Canvas dan Analisis Swot (Studi Pada UMKM Batik Ecoprint Eucalyptus Momsky Purwokerto) .pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Strategi pengembangan penting untuk dilakukan terutama untuk UMKM yang sedang berkembang seperti UMKM Batik Ecoprint Eucalyptus Momsky Purwokerto agar dapat menjadi usaha yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kondisi UMKM Batik Ecoprint Eucalyptus Momsky Purwokerto sesuai dengan Bussines Model Canvas. 2) Untuk mengetahui rumusan strategi UMKM Batik Ecoprint Eucalyptus Momsky Purwokerto agar dapat mengembangkan usahanya melalui analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif bersifat induktif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Strategi pengembangan UMKM Batik Ecoprint Eucalyptus Momsky Purwokerto berdasarkan BMC yaitu dengan memfokuskan kembali terhadap customer segment, memperkuat dan mengembangkan value proposition, memperluas Channels dengan cara memanfaatkan teknologi seperti penggunaan marketplace untuk memperluas pelanggan. Mempertahankan customer relationship dan revenue streams, memanfaatkan key resource, key activities dan key partnership serta mengefisienkan cost structure. 2) Strategi pengembangan UMKM Batik Ecoprint Eucalyptus Momsky Purwokerto dengan menggunakan analisis SWOT yaitu: 1) Membuat motif-motif yang unik dan menarik sehingga dapat dilirik oleh pasar global; 2) Mengikuti event-event dan expo agar masyarakat semakin mengenal UMKM Batik Eucalyptus Momsky Purwokerto; 3) Mengakses permodalan melalui perbankan; 4) Memperluas jaringan pemasaran baik digital maupun konvensional; 5) Menetapakan harga sesuai dengan kemampuan masyarakat; 6) Mengadakan diskon atau vocher; dan 7) Mempertahankan hubungan yang baik dengan mitra yang bekerja sama. Saran untuk penelitian selanjutnya yang akan meneliti tema yang sama dapat menggunakan metode lain seperti metode kuantitatif dan diharapkan untuk lebih memperhatikan aspek lain dalam strategi pengembangan bisnis UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, UMKM, BMC, SWOT
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: IHDA NORFALASIFA LATHIFA sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:14
Last Modified: 26 Oct 2023 06:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22297

Actions (login required)

View Item View Item