ANALISIS MINAT DAN DAMPAK DRIVER GRAB DALAM PEMINJAMAN MODAL DI APLIKASI GRAB DRIVER KERJASAMA APLIKASI KREDIT JULO (STUDI KASUS DRIVER GRAB AREA SEKITAR GOR SATRIA PURWOKERTO)

Gemilang, Al Ghozali (2023) ANALISIS MINAT DAN DAMPAK DRIVER GRAB DALAM PEMINJAMAN MODAL DI APLIKASI GRAB DRIVER KERJASAMA APLIKASI KREDIT JULO (STUDI KASUS DRIVER GRAB AREA SEKITAR GOR SATRIA PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Gemilang Al Ghozali_Analisis Minat dan Dampak Driver Grab Dalam Peminjaman Modal Di Aplikasi Grab Driver Kerjasama Aplikasi Kredit Julo (Studi Kasus Driver Grab Area Sekitar GOR Satria Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi/ pengamatan bahwa peneliti melihat banyak driver Grab Purwokerto yang berminat menggunakan peminjaman modal di aplikasi Grab driver kerjasama dengan aplikasi kredit Julo dari pada menggunakan lembaga keuangan yang berada di sekitar kota Purwokerto dan pijaman online lainnya tetapi ada beberapa driver Grab tidak mengambil peminjaman modal tersebut. Hal ini dikarenakan motif driver Grab untuk memenuhi kebutuhan modal mereka yang menginginkan proses pencairan uangnya mudah dan cepat untuk diperoleh dan banyak dampak positif yang didapatkan dalam permodalan kerja, dan kebutuhan keluarga atau rumah tangga yang mendesak, driver Grab yang hanya berminat tetapi tidak mengambil peminjaman modal tersebut dikarenakan aplikasi Grab drivernya masih di kriteria anggota yaitu kriteria yang masih awal karena pendapatan yang masih sedikit, jam kerja dan rating yang kurang baik. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui pengaruh minat driver Grab dalam peminjaman modal di aplikasi Grab driver dan dampaknya setelah mengambil peminjaman tersebut. Peneliti ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya menggunakan logika ilmiah secara sistematis, faktual dan akurat. Penelitian ini menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sebagai teknik analisis data. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat driver Grab memilih peminjaman di aplikasi Grab driver kerjasama aplikasi kredit Julo dalam penambahan modal: Motivasi driver Grab ialah faktor ekonomi dan sebagai tambahan permodalan kerja. Persepsi ini beranggapan bahwa peminjaman modal tersebut lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama dibandingkan dengan lembaga keuangan dan pijaman online yang lainnya, dorongan keluarga, orang tua, dan driver Grab lainnya juga mempengaruhih minat tersebut. Keyakinannya karena banyak dampak positif dan sedikit dampak negatifnya yang didapatkan, seperti membantu penambahan modal Grab, kebutuhan keluarga dan orang tua yang mendesak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peminjaman, Driver Grab, Aplikasi Grab Driver dan Aplikasi Kredit Julo
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Gemilang Al Ghozali sdr
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:12
Last Modified: 26 Oct 2023 07:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22286

Actions (login required)

View Item View Item