MANAJEMEN KELAS MEMBACA BAGI ANAK USIA DINI DI BIMBA-AIUEO ADISARA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYMAS

Naellis, Sangadah (2023) MANAJEMEN KELAS MEMBACA BAGI ANAK USIA DINI DI BIMBA-AIUEO ADISARA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Naellis Sangadah_Manajemen Kelas Membaca bagi Anak Usia Dini di biMBA-AIUEO Adisara Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas membaca bagi anak usia dini merupakan kegiatan mengatur secara sadar dan teratur segala komponen yang ada di dalam kelas baik pengaturan peserta didik (motivasi, tingkah laku, hubungan sosial) maupun pengaturan fasilitas, untuk mewujudkan iklim kelas yang menyenangkan (fun learning) sehingga mampu mengoptimalkan kemampuan membaca pada anak usia dini (3-6 tahun) yang meliputi kemampuan untuk melihat, mengenal, dan memahami simbol huruf, membaca kata sederhana, membaca kelimat, dan membaca paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kelas memebaca bagi anak usia dini di biMBA-AIUEO Adisara Jatilawang Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola biMBA dan motivator. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kelas membaca bagi anak usia dini di biMBA-AIUEO Adisara Jatilawang Banyumas yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi telah berjalan dengan semestinya sesuai dengan fungsi manajemen. Proses perencanaan meliputi perencanaan modul, strategi pembelajaran dan permainan, SDM, anggaran. Pengorganisasian adanya pembagian tugas antara pengelola, motivator, dan wali murid. Pelaksanaan sudah berjalan sesuai yang direncanakan. Pengawasan dilakukan secara online maupun offline. Evaluasi manajemen kelas membaca dilakukan setiap anak sudah mempu menguasai materi yang motivator berikan dengan pemberian modul evaluasi sumatif untuk anak naik ke level berikutnya. Sedangkan evaluasi untuk motivator dilakukan setiap hari kamis dengan simulasi pembelajaran yang kemudian akan terbuka bagi motivator lain untuk memberikan saran/masukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, biMBA-AIUEO, Manajemen Kelas, Membaca
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Naelis Sangadah sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:54
Last Modified: 26 Oct 2023 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22285

Actions (login required)

View Item View Item