PERAN PENGASUH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI ANAK YATIM DI PANTI ASUHAN PUTRI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Ni'mah Annisa Nur, Rahmah (2023) PERAN PENGASUH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI ANAK YATIM DI PANTI ASUHAN PUTRI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Ni'mah Annisa Nur Rahmah_Peran Pengasuh Dalam Menumbuhkan Sikap Percaya Diri Anak Yatim Di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Purwokerto (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengasuh sebagai pengganti orang tua khususnya di lingkungan panti asuhan memiliki peran yang penting untuk perkembangan anak-anak asuhnya, terlebih pada anak-anak yang sudah tidak memiliki orang tua. Yang dimana anak yatim, piatu dan yatim piatu sangat amat perlu mendapatkan bimbingan, perlindungan dan kasih sayang. Selain menjalankan perannya untuk merawat, membimbing dan memberikan kasih sayang, pengasuh juga memiliki peran penting dalam hal menumbuhkan sikap percaya diri pada anak-anak asuhnya. Setiap individu harus memiliki sikap percaya diri yang baik, karena sikap percaya diri termasuk ke dalam salah satu hal untuk kesuksesan seseorang. Dengan sikap percaya diri yang baik, maka semakin mudah pula individu mencapai kesuksesannya. Oleh karena itu, sebagai pengganti orang tua pengasuh harus bisa menjalankan perannya dengan baik pula. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjelaskan peran pengasuh panti asuhan dalam menumbuhkan sikap percaya diri anak yatim di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan subjek dalam penelitian ini terdapat dua pengasuh panti asuhan dan empat anak asuh. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengasuh di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Purwokerto sudah menjalankan perannya dengan baik terutama dalam hal menumbuhkan sikap percaya diri anak asuhnya. Hal ini sesuai dengan strategi pengasuhan dan ciri-ciri individu dengan sikap percaya diri yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ni'mah Annisa Nur Rahmah
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:13
Last Modified: 26 Oct 2023 04:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22284

Actions (login required)

View Item View Item