PENGARUH ISLAMIC MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Generasi Z Konsumen Toko Rabbani Purwokerto)

Bunga, Cahyaningrum (2023) PENGARUH ISLAMIC MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Generasi Z Konsumen Toko Rabbani Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Bunga Cahyaningrum_Pengaruh Islamic Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Generasi Z Konsumen Toko Rabbani Purwokerto).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Islamic marketing adalah sebuah strategi bisnis berupa proses penciptaan, penawaran dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stakeholdersnya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah (bisnis) dalam Islam. Jika dikaitkan antara marketing mix dengan pedoman Islam maka terdapat lima elemen yang menjadi fokus penulis yang dalam dunia ekonomi juga sering disebut dengan model marketing 5P. yang meliputi product (produk), price (harga), promotion (promosi), place ( tempat/saluran distribusi), dan people (karyawan/orang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Product, Price, Place, Promotion, dan People terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani (Studi Kasus pada Generasi Z Konsumen Toko Rabbani Purwokerto). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dalam menentukan ukuran sampel, peneliti menggunakan teori Hair dan total responden yang diperlukan dalam penelitian ini sebesar 115 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi ordinal. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi product, price, place, promotion, dan people secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk di Toko Rabbani Purwokerto. Kemudian secara parsial variabel product, price, place, dan promotion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk di Toko Rabbani Purwokerto. Sedangkan persepsi variabel people berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian produk di Toko rabbani Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamic Marketing Mix, Product, Price, Place, Promotion, People, Keputusan Pembelian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bunga Cahyaningrum sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 05:26
Last Modified: 26 Oct 2023 05:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22276

Actions (login required)

View Item View Item