EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus pada UMKM Makaroni Keju Lestari)

Meilia, Komaeni (2023) EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus pada UMKM Makaroni Keju Lestari). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Meilia Komaeni_Efektivitas Digital Marketing melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Omset Penjualan (Studi Kasus pada UMKM Makaroni Keju Lestari).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Makaroni Keju Lestari adalah salah satu produk makanan ringan UMKM Kabupaten Banyumas. Menjadi sajian makanan ringan kekinian, Makaroni Keju Lestari memiliki popularitas yang cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya lima outlet resmi dan outlet mitra yang berjumlah lebih dari tiga pulung outlet serta berhasilnya Makaroni Keju Lestari mendistribusikan produknya di Alfamart se-Kabupaten Banyumas. Disamping itu, Makaroni Keju Lestari juga merupakan satu-satunya produk UMKM Kabupaten Banyumas yang berkesempatan untuk mengikuti event yang diselenggarakan oleh PT. KAI dan berkesempatan untuk mengisi sederet makanan dalam restorasi serangkaian kereta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan digital marketing melalui media sosial dalam meningkatkan omset penjualan pada Makaroni Keju Lestari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan studi kasus. Metode penelitian yang diterapkan adalah observasi. Data di penelitian ini bersumber pada pengaplikasian digital marketing yang dilakukan Makaroni Keju Lestari, wawancara dengan pemilik, dan pengambilan dokumentasi. Ketiga data tersebut dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, teknik pemeriksaan data menggunakan metode triangulasi. Dalam mengolah data, ditetapkan empat indikator dalam menilai keefektifan pengaplikasian digital marketing, yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing melalui media sosial yang dilakukan oleh Makaroni Keju Lestari terbilang efektif dalam meningkatkan omset penjualan usahanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya penilaian efektivitas di empat indikator yang dipakai, ditemukannya perubahan serta peningkatan yang terjadi atas perkembangan usaha, dan tentunya data peningkatan omset penjualan saat sebelum dan sesudah pemakaian digital marketing oleh Makaroni Keju Lestari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Digital Marketing, Media Sosial, Omset Penjualan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Meilia Komaeni sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:11
Last Modified: 26 Oct 2023 06:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22271

Actions (login required)

View Item View Item