PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEGUNAAN, KETERSEDIAAN FITUR, LITERASI KEUANGAN DAN KEAMANAN TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN BSI MOBILE PADA MASYARAKAT BANYUMAS

Novita Setyo, Putri (2023) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEGUNAAN, KETERSEDIAAN FITUR, LITERASI KEUANGAN DAN KEAMANAN TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN BSI MOBILE PADA MASYARAKAT BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Safuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Novita Setyo Putri_Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Ketersediaan Fitur, Literasi Keuangan dan Keamanan Terhadap Preferensi Konsumen Mengggunakan BSI Mobile Pada Masyarakat Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era teknologi saat ini, aplikasi perbankan digital semakin berkembang pesat, salah satu bank yang menggunakannya adalah Bank Syariah Indonesia. Menurut Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, masifnya penetrasi digital membuat masyarakat terbiasa dengan akses terhadap perangkat digital, termasuk keuangan. Bank Syariah Indonesia memberikan layanan aplikasi digital berupa BSI Mobile. Pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi preferensi konsumen dalam menggunakan aplikasi digital sangat penting bagi industri perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu apakah persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, ketersediaan fitur, literasi keuangan dan keamanan berpengaruh terhadap preferensi konsumen menggunakan BSI Mobile. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan data dilakukan melalui kuisioner google form. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik sampling purposive dengan jumlah responden 100 orang dan populasinya adalah masyarakat Kabupaten Banyumas. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang diolah menunjukan bahwa variabel persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, ketersediaan fitur, literasi keuangan dan keamaman secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen masyarakat Banyumas menggunakan BSI Mobile. Pada uji R Square, menjelaskan bahwa variabel persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, ketersediaan fitur, literasi keuangan, dan keamanan dapat mempengaruhi preferensi konsumen menggunakan BSI mobile sebesar 70,4%, sedangkan sisanya 29,6% dipengaruhi oleh variabel efisiensi, kepercayaan nasabah, efektivitas yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemudahan, kegunaan, fitur, literasi keuangan, keamanan, preferensi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Novita Setyo Putri sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:12
Last Modified: 26 Oct 2023 08:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22266

Actions (login required)

View Item View Item