PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KUALITAS BI FAST TERHADAP KEPUASAN BERTRANSAKSI MELALUI BRI MOBILE

RISKA, AYU SETIANI (2023) PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KUALITAS BI FAST TERHADAP KEPUASAN BERTRANSAKSI MELALUI BRI MOBILE. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RISKA AYU SETIANI-PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KUALITAS BI FAST TERHADAP KEPUASAN BERTRANSAKSI MELALUI BRI MOBILE.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju mendorong perbankan untuk melakukan inovasi seperti digitalisasi perbankan, dimana terjadinya peralihan pelayanan dari manual ke layanan digital seperti mobile banking. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dan memenuhi kebutuhan serta harapan pengguna. Namun timbul berbagai persepsi dari mahasiswa FEBI tentang biaya pada layanan transfer yang diberikan oleh mobile banking, banyak yang menganggap bahwa biaya layanan BI Fast sebesar Rp.2.500 adalah murah, namun ada juga yang menganganggap itu mahal. Penerimaan teknologi ini dapat digambarkan melalui model dari Technology Acceptance Model (TAM). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kemudahan penggunaan serta kualitas layanan BI Fast terhadap kepuasan bertransaksi melalui mobile banking. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 343 responden dari mahasiswa FEBI. Kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan cara menyebarkan kuesioner secara online maupun ofline dengan langsung menyebarkan angket ke kelas. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan 3 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Namum sebelum melakukan analisis regresi linear berganda maka terlebih dahulu melakukan uji instrumen data dan uji asumsi klasik. Berdasarkan pada hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasan bertransaksi melalui mobile banking; 2) kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan bertransaksi melalui mobile banking; 3) kualitas layanan BI Fast berpengaruh terhadap kepuasan bertransaksi melalui mobile banking. Kemudian secara simultan, variabel persepsi harga, kemudahan penggunaan dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan bertransaksi melalui mobile banking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Harga, Kemudahan Penggunaan, Kualitas Layanan, Kepuasan, Mobile Banking.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: RISKA AYU SETIANI sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:04
Last Modified: 26 Oct 2023 04:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22259

Actions (login required)

View Item View Item