STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA HALAL LEMBU BENGGOLO FARM AND RESORT KEDUNGGEDE LUMBIR BANYUMAS

Abdullah Nur, Fauzi (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA HALAL LEMBU BENGGOLO FARM AND RESORT KEDUNGGEDE LUMBIR BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ABDULLAH NUR FAUZI_STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA HALAL LEMBU BENGGOLO FARM AND RESORT KEDUNGGEDE LUMBIR BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sektor pariwisata menjadi sector andalan yang dapat meningkatkan pembangunan perekonomian indonesia. Diantaranya dapat meningkatkan devisa, mempercepat dan memperluas proses peluang berbisnis, membuka lapangan pekerjaan, dan mempercepat distribusi pendapatan. Lembu benggolo farm and resort merupakan destinasi wisata yang sedang hits dan ramai dikunjungi yang terletak di Lumbir Desa Kedunggede kabupaten Banyumas. Lembu benggolo sendiri baru diresmikan pada tanggal 9 Oktober 2022. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui strategi pengembangan destinasi lembu benggolo farm and resort kedunggede lumbir banyumas menjadi wisata halal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik dari wisata lembu benggolo farm and resort. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya tempat wisata lembu benggolo farm and resort secara tidak langsung memberi kesempatan peluang pendapatan masyarakat setempat untuk berwirausaha, dan dapat menciptakan peluang kerja khususnya pada masyarakat yang berada disekitar wisata. Faktor pendukung strategi pengembangan wisata destinasi wisata lembu benggolo farm and resort kedunggede lumbir banyumas menjadi wisata halal : panorama yang indah, kondisi keamanan yang baik, pengelola wisata yang baik, keramahan pihak pengelola dan pelayanan terhadap wisatawan yang baik, mudahnya akses informasi dan akses transportasi, dan promosi. Faktor penghambat pendukung strategi pengembangan wisata destinasi wisata lembu benggolo farm and resort kedunggede lumbir banyumas menjadi wisata halal : keterbatasan anggaran dan prasarana , kondisi cuaca alam, keterbatasan lahan parkir ketika pengunjung banyak, ketikdak patuhan wisatawan terhadap peraturan, minimnya pengetahuan masyarakat terkait wisata halal, kurangnya pengembangan dan perbaikan objek wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Destinasi Wisata, Wisata Halal
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abdullah Nur Fauzi sdr
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:01
Last Modified: 25 Oct 2023 08:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22239

Actions (login required)

View Item View Item