ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS (RAHN) DALAM UPAYA MENARIK MINAT NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO

Arinda Pasha Nur, Salsabila (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS (RAHN) DALAM UPAYA MENARIK MINAT NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ARINDA PASHA_STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gadai emas adalah produk pembiayaan yang jaminannya berupa emas perhiasan, emas batangan atau berlian sebagai salah satu alternatif untuk memperoleh pembiayaan dengan cepat. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) karena informasi dan data yang diperlukan didapatkan dari lapangan penelitian. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi di Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan rdeuksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang dilakukan, faktor yang mempengaruhi minat nasabah, serta kendala dan upaya yang dilakukan. Strategi yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto menggunakan strategi bauran 7P diataranya ada produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), sarana fisik (physical evidence). Faktor yang mempengaruhi minat nasabah adalah adanya dorongan dari diri sendiri, kebutuhan ekonomi, kepuasan pelanggan dan harga. Kendala dan upaya yang di hadapi yaitu adanya persaingan produk dengan perusahaan lain dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang produk gadai emas yang berada di Pegadaian Syariah. Upaya yang dilakukan dengan cara meng-upgrade strategi dengan tujuan agar nasabah mudah mengetahui produk gadai emas (rahn) ini. Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto agar diharapkan untuk terus meng-upgrade strategi pemasaran yang dilakukan, khususnya pada promosi, agar nantinya semakin banyak masyarakat yang mengetahui produknya. Dalam penerapan meningkatkan minat nasabah, perlu mendengarkan masukan-masukan yang diberikan oleh nasabah sebagai upaya membangun hubungan silaturahmi antara Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto dengan para nasabahnya. Kata Kunci : strategi pemasaran, minat nasabah, gadai emas (rahn), pegadaian syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, gadai emas (rahn), minat nasabah, pegadaian syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Arinda Pasha Nur Salsabila sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:49
Last Modified: 25 Oct 2023 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22229

Actions (login required)

View Item View Item