IMPLEMENTASI PELELANGAN JAMINAN NASABAH BERMASALAH PADA AKAD MURABAHAH BANK SYARIAH DI INDONESIA AREA PURWOKERTO BERDASARKAN PERSPEKTIF BAI’ AL-MUZAYYADAH (Studi Kasus pada KPKNL Purwokerto)

Shasmila, Rahma (2023) IMPLEMENTASI PELELANGAN JAMINAN NASABAH BERMASALAH PADA AKAD MURABAHAH BANK SYARIAH DI INDONESIA AREA PURWOKERTO BERDASARKAN PERSPEKTIF BAI’ AL-MUZAYYADAH (Studi Kasus pada KPKNL Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Shasmila Evita R_Implementasi Pelelangan Jaminan Nasabah Bermasalah pada Akad Murabahah Bank Syariah di Indonesia Area Purwokerto Berdasarkan Perspektif Bai' al-muzayyadah (Studi Kasus pada KPK (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelelangan jaminan adalah penjualan yang dilakukan dimuka umum dimana orang-orang yang diundang atau diberi tahu sebelumnya tentang pelelangan, dan orang-orang tersebut memberikan tawaran mengenai barang yang akan dijualnya dengan harga yang semakin meningkat atau menurun dan apabila sudah sepakat antara pelelang dengan pembeli maka barang tersebut sudah dapat untuk dimiliki. Pelelangan dilakukan apabila seorang nasabah yang sudah termasuk wanprestasi atau nasabah bermasalah dan tidak mampu untuk memenuhi kewajibannya, maka pihak bank melakukan permohonan kepada KPKNL untuk dilakukanya pelelangan jaminan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelelangan jaminan nasabah bermasalah pada akad murabahah oleh Bank Syariah di Indonesia melalui KPKNL Purwokerto dengan konsep bai’ al-muzayyadah. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada tiga objek yaitu Bank Syariah di Indonesia area Purwokerto yang memiliki asset diatas 80 Milyar dan KPKNL Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sebagai Teknik analisis data. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data terdiri dari wawacara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelelangan jaminan nasabah bermasalah pada akad murabahah yang dilakukan oleh pihak Bank Syariah di Indonesia area Purwokerto melalui KPKNL secara umum sudah sesuai dengan konsep bai’ al-muzayyadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelelangan jaminan, Bai’ al-muzayyadah, Bank Syariah di Indonesia, KPKNL, Murabahah Pelelangan jaminan, Bai’ al-muzayyadah, Bank Syariah di Indonesia, KPKNL, Murabahah Pelelangan jaminan, Bai' al-muzayyadah, Bank Syariah di Indonesia, KPKNL, Murabahah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Shasmila Evita Rahma sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:18
Last Modified: 26 Oct 2023 07:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22221

Actions (login required)

View Item View Item