IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS V A DI MI WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN

Kuni, Muhtaromatul Khofifah (2023) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS V A DI MI WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KUNI MUHTAROMATUL KHOFIFAH_IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VA DI MI WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta dilapangan yang memperlihatkan bahwa pendidikan Islam di madrasah ibtidaiyah terutama pembelajaran fikih sekarang masih sering menggunakan metode konvensional dalam memberikan pengajaran. Guru yang berkompetensi akan menggunakan media dan metode yang tepat dalam mengajar.Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi implementasi metode problem solving pada pembelajaran fikih kelas VA di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, wali kelas V A, guru fikih kelas VA dan peserta didik kelas VA. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi metode problem solving pada pembelajaran fikih kelas V A di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Pada tahap perencanaan guru membuat RPP. Kemudian tahap pelaksanaan pembelajaranyaitu guru memberikan orientasi tentang permasalahannya kepada peserta didik, mengorganisasikan peserta didik untuk meneliti, membantu investigasi mandiri dan kelompok, mengembangkan dan mempresentasikan artefak dan exhibit serta menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah. Selanjutnya pada tahap evaluasi yaitu guru menggunakan tesyang dilakukan secara individu atau kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Problem Solving, Fikih, Kelas 5
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.141 Zakat Fitrah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.149 Zakat lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kuni Muhtaromatul Khofifah
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:47
Last Modified: 25 Oct 2023 06:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22219

Actions (login required)

View Item View Item