ANALISIS PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING (CRM), SERVICE QUALITY, DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BERKAH EL HIKMAH PURWOJATI

Nur, Ainah (2023) ANALISIS PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING (CRM), SERVICE QUALITY, DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BERKAH EL HIKMAH PURWOJATI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR AINAH_Analisis Pengaruh Customer Relationship Marketing (CRM), Service Quality, dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Berkah El Hikmah Purwojati.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jumlah penduduk yang lebih sedikit tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi koperasi. Oleh karena itu loyalitas dari anggota menjadi hal yang penting untuk kemajuan koperasi. Anggota yang loyal merupakan peluang untuk mendapatkan anggota baru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh customer relationship marketing (CRM), service quality, dan fasilitas baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas anggota. Penelitian ini menggunakan analisis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 217 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen yang digunakan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2) dan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. uji klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial customer relationship marketing (CRM) berpengaruh terhadap loyalitas anggota dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, service quality tidak berpengaruh terhadap loyalitas anggota dengan nilai signifikan 0,068 > 0,05, dan fasilitas berpengaruh terhadap loyalitas anggota dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan customer relationship marketing (CRM), service quality, dan fasilitas secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas anggota dengan nilai signifikan 0,000<0,05, dengan koefisien determinasi sebesar 33.3%. Kata Kunci: Customer Relationship Marketing (CRM), Service Quality, Fasilitas, Loyalitas Anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Marketing (CRM), Service Quality, Fasilitas, Loyalitas Anggota.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nur Ainah sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:46
Last Modified: 25 Oct 2023 06:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22215

Actions (login required)

View Item View Item