PESAN MORAL DALAM FILM RANAH 3 WARNA (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)

Widya Annisa, Rachmatika (2023) PESAN MORAL DALAM FILM RANAH 3 WARNA (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WIDYA AR_PESAN MORAL DALAM FILM RANAH 3 WARNA-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Film merupakan media komunikasi yang memiliki kekuatan persuasi yang besar pengaruhnya, selain menjadi alat penghibur, film dapat digunakan sebagai penyampaian pesan-pesan moral. Film Ranah 3 Warna adalah film drama yang menceritakan tentang seorang remaja yang pantang menyerah yang di sisi lain terus menerus diberi cobaan oleh Allah, pendidikan, percintaan. Film Ranah 3 Warna ini mengandung pesan moral di dalamnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika model Charles Sanders Pierce yang bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana representament, object, dan interpretant dalam film Ranah 3 Warna. Hasil penelitian ini adalah adanya representament (bentuk tanda) menampilkan gambaran sifat tokoh. Object memunculkan pada apa yang dilakukan oleh tokoh. Interpretant menunjukkan adanya pesan moral yang disampaikan. Pesan-pesan yang dimaksud diantaranya adalah bisa memberikan motivasi, tanggung jawab, pekerja keras, saling menasehati, bersabar, pantang menyerah, saling tolong menolong dan saling menghargai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film, Semiotika, Pesan Moral
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: WIDYA ANNISA RACHMATIKA sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:37
Last Modified: 25 Oct 2023 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22212

Actions (login required)

View Item View Item