PENGARUH INTELLEGENCE QUOTIENT DAN EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA MAN 1 BANYUMAS

Maya, Mardiyah Sholichah (2023) PENGARUH INTELLEGENCE QUOTIENT DAN EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA MAN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAYA MARDIYAH SHOLICHAH_PENGARUH INTELLEGENCE QUOTIENT DAN EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA MAN 1 BANYUMAS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara intellegence quotient (IQ) dan emotional quotient (EQ) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI IPA MAN 1 Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPA MAN 1 Banyumas yang berjumlah 207 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling, berdasarkan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 137 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya berupa dokumentasi skor intellegence quotient (IQ), angket emotional quotient (EQ) dan tes kemampuan berpikir kritis matematis yang sudah lolos uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Adapun uji prasyarat analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi, dan keberartian regresi. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik secara parsial intellegence quotient (IQ) memberikan pengaruh sebesar 13,6% dan emotional quotient (EQ) memberikan pengaruh sebesar 16,6%. Sedangkan secara simultan kedua variabel memberikan pengaruh sebesar 17,4% terhadap kemampuan berpikir kritis matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Emotional Quotient (EQ), Intellegence Quotient (IQ), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Maya Mardiyah Sholichah
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:45
Last Modified: 25 Oct 2023 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22211

Actions (login required)

View Item View Item