PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN MASA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP PURWOKERTO KARANG KOBAR TBK

Siska, Mawarni (2023) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN MASA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP PURWOKERTO KARANG KOBAR TBK. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siska Mawarni_Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Masa Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Syariah Indonesia KCP Purwokerto Karang Kobar tbk.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga tidak terlepas dari kinerja karyawan. Kinerja karyawan merupakan hasil kerja yang ditunjukkan oleh seseorang karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Dalam penelitian ini terdapat 2 (dua) faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu latar belakang pendidikan dan masa kerja. Latar belakang pendidikan merupakan pendidikan terakhir seorang karyawan. Bank Syariah Indonesia KCP Purwokerto Karang Kobar pada umumnya berasal dari jurusan keilmuan syariah. Namun faktanya banyak karyawan yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Penelitian Rafikah (2018) menyimpulkan faktor latar belakang pendidikan berpengaruh positif dan signifikan. Namun, hasil penelitian oleh Dian Muzerika (2018) mengungkapkan faktor latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, sementara masa kerja merupakan jangka waktu seorang karyawan dihabiskan selama bekerja pada perusahaan. Masa kerja erat kaitannya dengan efesiensi kinerja karyawan, semakin lama karyawan bekerja pada lembaga/organisasi maka akan semakin berpengalaman seseorang tersebut sehingga kinerjanya semakin meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan masa kerja terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya berjumlah 30 responden. Teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 29. Hasil penelitian latar belakang pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan masa kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kemudian secara simultan latar belakang pendidikan dan masa kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Pendidikan, Masa Kerja, dan Kinerja Karyawan.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Siska Mawarni sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:44
Last Modified: 25 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22208

Actions (login required)

View Item View Item