Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terintegrasi Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif NU 01 Pekuncen

Ajeng, Ilham Pamungkas (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terintegrasi Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif NU 01 Pekuncen. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ajeng Ilham Pamungkas_Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terintegrasi Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif NU 01 Pekunce.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan menghasilkan sebuah ide/gagasan baru dalam memecahkan suatu permasalahan. Kebutuhan manusia pada aspek berpikir kreatif termasuk dalam kategori tinggi, karena merupakan suatu bukti nyata/tindakan sebagai wujud pemikiran manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Pekuncen masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dari tes pendahuluan dan wawancara yang dilakukan peneliti, dimana hanya ada beberapa siswa yang mampu mengerjakan soal dengan caranya sendiri, yaitu 5 dari 27 siswa, selebihnya siswa mengerjakan dengan metode yang telah diajarkan oleh guru. Ini dapat dibuktikan pula dari hasil tes pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti, dimana peneliti menggunakan materi SPLDV dan memberikan 1 soal setiap indikator. Dari hasil yang telah diterima, persentase kemampuan siswa rata-rata adalah 37% dari 100%. Hasil tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Salah satu faktor yang berpegaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku Pop-Up pada materi bangun ruang sisi datar terintegrasi keislaman untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Pekuncen. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran buku Pop-Up terintegrasi keislaman valid dan layak digunakan dengan perolehan nilai dari validasi ahli materi sebesar 89,44%, ahli media sebesar 91,46%, dan ahli konteks Islam sebesar 74,67%, penilaian uji coba guru matematika sebesar 94%, uji coba kelompok kecil sebesar 81,41%, dan uji coba lapangan sebesar 91,47%. Selanjutnya, media pembelajaran buku Pop-Up terintegrasi keislaman juga dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dilihat dari skor rata-rata N-Gain dimana kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 62% dengan kategori “sedang” lebih besar dari kelas kontrol yang mendapat nilai rata-rata 25% dengan kategori “rendah”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku Pop-Up valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar terintegrasi keislaman untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Pekuncen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Buku Pop-Up, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Matematika, Media Pembelajaran
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ajeng Ilham Pamungkas
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:43
Last Modified: 25 Oct 2023 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22207

Actions (login required)

View Item View Item