PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA DENGAN KONSEP CBT (COMMUNITY BASED TOURISM) UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Masyarakat Desa Wisata Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas)

Imamatul, Ngazizah (2023) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA DENGAN KONSEP CBT (COMMUNITY BASED TOURISM) UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Masyarakat Desa Wisata Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IMAMATUL NGAZIZAH_1717201080_1023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah usaha untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan ekonomi mereka melalui program, pelatihan, dan dukungan yang membantu pengembangan potensi ekonomi sendiri, akses sumber daya, serta partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan ekonomi yang berpengaruh pada kehidupan mereka. Pemberdayaan melalui desa wisata berbasis CBT (Community Based Tourism) merupakan metode yang digunakan untuk memajukan desa wisata di Kabupaten Banyumas, seperti Desa Wisata Cikakak yang telah diakui sebagai desa wisata maju berdasarkan Keputusan Bupati Banyumas Nomor /556/116/Tahun 2020. Desa ini dikelola dengan fokus pada partisipasi langsung masyarakat setempat untuk meningkatkan kemandirian mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat Desa Wisata Cikakak dan efektivitas progam pemberdayaan masyarakat desa wisata menggunakan konsep CBT (Community Based Tourism). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah Desa Wisata Cikakak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analasis data menggunakan teknik analisis Miles Huberman yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, pemberdayaan masyarakat pada Desa Wisata Cikakak melalui beberapa tahapan. Tahapan penyadaran, tahap transformasi kemampuan dan tahap peningkatan kemampuan intelektual, kecakapan keterampilan. Pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Wisata Cikakak masih belum maksimal, dikarenakan terdapat faktor penghambat pemberdayaan, faktor tersebut adalah organisasi, SDM (Sumber Daya Manusia) dan modal usaha. Efektivitas progam pemberdayaan masyarakat desa wisata menggunakan konsep CBT (Community Based Tourism) belum tercapai secara sempurna, dikarenakan terdapat beberapa indikator pengukuran efektivitas tidak terpenuhi. Kata Kunci: Pemberdayaan, Desa Wisata, dan CBT (Community Based Tourism)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Desa Wisata, CBT (Community Based Tourism)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Imamatul Ngazizah
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:29
Last Modified: 25 Oct 2023 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22203

Actions (login required)

View Item View Item