ANALISIS WORK CULTURE PADA KARYAWAN HASIL MERGER LEMBAGA KEUANGAN BANK SYARIAH GUNA MENCAPAI CORE VALUES PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KCP Cilacap Kroya)

Nisa, Mukhlisotun Khasanah (2023) ANALISIS WORK CULTURE PADA KARYAWAN HASIL MERGER LEMBAGA KEUANGAN BANK SYARIAH GUNA MENCAPAI CORE VALUES PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KCP Cilacap Kroya). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NISA MUKHLISOTUN KHASANAH_ANALISIS WORK CULTURE PADA KARYAWAN HASIL MERGER LEMBAGA KEUANGAN BANK SYARIAH GUNA MENCAPAI CORE VALU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini diawali dengan kemunculan bank Syariah hasil merger tiga bank syariah yaitu Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRI Syariah), Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah) dan Bank Syariah Mandiri (BSM), menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Sesuai dengan penuturan wakil presiden Indonesia bahwa masalah terbesar yang di hadapi Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah Integrasi budaya kerja. Integrasi budaya guna mencapai core value baru yang telah ditetapkan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode field research melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi.Penelitian dilakukan pada karyawan Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Cilacap Kroya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah darta primer yang diperoleh secara langsung terhadap informan, dan data sekunder dari berbagai data yang mendukung dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, analisis data, serta verifikasi dan penyimpulan. Sedangkan uji jebasahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa merger berakibat pada perubahan budaya kerja. Budaya yang dibawa dari perusahaan asal mengalami perubahan budaya kerja menjadi budaya kerja Bank Syariah Indonesia (BSI). Dalam proses perubahannya, maka perlu adaptasi guna mengenali lingkungan yang baru. Proses adaptasi meliputi toleransi, sosialisasi, memahami karakter, menghargai perbedaan, asumsi positif budaya lain. Faktor yang mempengaruhi proses adaptasi adalah komunikasi, lingkungan, dan predisposisi individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Merger, work culture, core values
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nisa Mukhlisotun Khasanah sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:28
Last Modified: 25 Oct 2023 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22202

Actions (login required)

View Item View Item