IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH SEMONDO KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN

dina, fitria (2023) IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH SEMONDO KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DINA FITRIA LESTARI_IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH SEMONDO KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Implementasi metode diskusi pada pelajaran IPAS dilatar belakangi karena siswa di MI Muhammadiyah Semondo banyak yang tidak menyukai pelajaran IPAS sehingga guru menerapkan metode diskusi. Dengan adanya metode diskusi guru mengharapkan siswa dapat belajar dengan aktif, senang, dan termotivasi menyukai pelajaran IPAS. Metode Diskusi Kelompok Kecil adalah Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memfasilitasi sistem pelajaran berkelompok yang dibutuhkan siswa adalah diskusi kelompok kecil. Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakanan teknik pengumpulan data berupa data wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis datanya menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi/menarik kesimpulan. Serta menggunakan teknik uji keabsahan berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik dan truangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode diskusi kelompok kecil pada MI Muhammadiyah Semondo berperan penting dalam kemampuan keaktifan siswa. Adapun perananya berupa perencanaan yang maksimal dan pelaksanaan strategi yang terarah dan tersusun secara sistematis sesuai dengan perencanaan serta hasil evaluasi yang diperoleh siswa yakni peningkatan keaktifan siswa dalam pelajaran IPAS. Metode diskusi terbukti dapat mengaktifkan siswa dan dapat berpikir kritis. Adapaun faktor pendukung dalam pelaksanaannya pengimplementasian metode diskusi pada pelajaran IPAS antara lain kesesuaian materi dengan buku pendukung dan semangat siswa dalam mengikuti pelajaran. Faktor penghambat yaitu kurangnya managemen waktu sehingga guru kewalahan dalam perencanan pelajaran, waktu pelajaran yang terbatas, dan adanya siswa yang tidak menyukai pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Diskusi, Keaktifan Peserta Didik, IPAS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dina Fitria Lestari sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:27
Last Modified: 25 Oct 2023 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22201

Actions (login required)

View Item View Item