Peningkatan Kapasitas Kompetitif Pemasaran Pada Industri Rumahan Rebana (Studi Kasus di Industri Rumahan Rebana Mbah Sutirah kaliwadas)

Hesti Sastri, Arba agustin (2023) Peningkatan Kapasitas Kompetitif Pemasaran Pada Industri Rumahan Rebana (Studi Kasus di Industri Rumahan Rebana Mbah Sutirah kaliwadas). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HESTI FIKS BANGET 1234.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kapasitas pemasaran kompetitif pada industri rumah tangga alat musik rebana, khususnya pada kasus industri rumah tangga Mbah Sutirah di desa Kaliwadas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya industri rumah tangga di bidang yang sama yaitu produksi alat musik rebana di desa Kaliwadas sehingga menyebabkan semakin ketatnya persaingan antar pelaku usaha. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah field Research atau penelitian lapangan dan dengan pendekatan penelitiannya yaitu kualitatif deskriptif serta metode pengumpumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan karyawan mengalami peningkatan setelah bekerja di home industri alat musik rebana milik Mbah Sutirah. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen telah berhasil meningkatkan kinerja pegawai dan memberikan insentif yang memadai. Selain itu, penjualan alat musik rebana juga meningkat selama 3 tahun terakhir, menunjukkan bahwa bisnis ini berhasil meningkatkan popularitas produknya dan memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, kepuasan konsumen terhadap produk dan pelayanan yang diberikan oleh home industri alat musik rebana milik Mbah Sutirah menunjukkan bahwa usaha ini telah memenuhi harapan konsumen dan menciptakan loyalitas pelanggan yang berkelanjutan. Secara keseluruhan, home industri alat musik rebana Mbah Sutirah telah mencapai peningkatan pendapatan karyawan, pertumbuhan penjualan yang signifikan, dan kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis telah berhasil mencapai tujuannya untuk meningkatkan penjualan dan memberikan panduan untuk pengambilan keputusan di masa depan. Kata Kunci: Peningkatan, Kapasitas Kompetitif, Pemasaran, Industri Rumahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kapasitas Kompetitif, Pemasaran, Industri Rumahan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hesti Sastri Arba Agustin sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:52
Last Modified: 25 Oct 2023 07:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22195

Actions (login required)

View Item View Item