ANALISIS PERSEPSI DAN RESPON PELAKU UMKM TERHADAP KEWAJIBAN SERTIFIKASI HALAL (STUDI KASUS PADA RUMAH POTONG AYAM DI KABUPATEN BANYUMAS)

Ufairoh, Asma Qoni'ah (2023) ANALISIS PERSEPSI DAN RESPON PELAKU UMKM TERHADAP KEWAJIBAN SERTIFIKASI HALAL (STUDI KASUS PADA RUMAH POTONG AYAM DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ufairoh Asma Qoni'ah_Analisis Persepsi dan Respon Pelaku UMKM Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal (Studi Kasus Pada Rumah Potong Ayam di Kabupaten Banyumas).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan respons pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap kewajiban sertifikasi halal pada Rumah Potong Ayam di Kabupaten Banyumas. Sertifikasi halal menjadi aspek yang semakin penting dalam industri makanan dan minuman, terutama dalam konteks produk daging ayam. Rumah Potong Ayam menjadi salah satu produsen utama dalam peredaran dan penjualan daging ayam, oleh karena itu penting adanya penjaminan keamanan dan mutu halal pada RPA. Masih banyak RPA di wilayah Kabupaten Banyumas yang belum memiliki sertifikat halal. Kabupaten Banyumas memiliki sejumlah UMKM yang bergerak dalam industri ini, sehingga penting untuk memahami bagaimana pemilik usaha RPA memberikan tanggapan dan respon terhadap kewajiban sertifikasi halal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian ini melibatkan observasi dan wawancara dengan pemilik UMKM Rumah Potong Ayam di Kabupaten Banyumas dan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Banyumas. Data dikumpulkan untuk mengidentifikasi persepsi mereka terkait sertifikasi halal, kendala yang mereka alami dalam memenuhi kewajiban sertifikasi halal, serta respon mereka terhadap perubahan dalam regulasi terkait halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 dari 6 RPA yang menjadi sampel penelitian belum mengetahui tentang kewajiban sertifikasi halal dikarenakan kurang adanya sosialisasi dari pemerintah. Tanggapan dari pemilik RPA yaitu mereka setuju dengan kewajiban tersebut, namun terdapat beberapa kendala yang dialami sehingga belum dapat memenuhi persyaratan pengajuan untuk mendapatkan sertifikasi halal. Hasil analisis respon dibagi menjadi dalam 3 aspek, yaitu respon kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada setiap aspek respon terdapat 3 macam spesifikasi, yaitu pada persyaratan untuk pengajuan sertifikat halal seperti pelatihan juru sembelih halal, penyelia halal dan lokasi pemotongan. Analisis persepsi dan respons mereka dapat menjadi dasar bagi pemerintah, lembaga sertifikasi, dan pihak terkait lainnya untuk mengembangkan pendekatan yang lebih efektif dalam mendukung UMKM dalam memenuhi kewajiban sertifikasi halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Respon, Sertifikasi Halal, UMKM
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ufairoh Asma Qoni'ah sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:57
Last Modified: 25 Oct 2023 05:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22187

Actions (login required)

View Item View Item