STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING KAIN BATIK PRINGMAS MELALUI NILAI BUDAYA PENGINYONGAN (STUDI KASUS KUB BATIK PRINGMAS, PAPRINGAN, BANYUMAS)

Bella, Pertiwi Aza Asokawati (2023) STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING KAIN BATIK PRINGMAS MELALUI NILAI BUDAYA PENGINYONGAN (STUDI KASUS KUB BATIK PRINGMAS, PAPRINGAN, BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Bella Pertiwi Aza Asokawati_Strategi Keunggulan Bersaing Kain Batik Pringmas Melalui Nilai Budaya Penginyongan (Studi Kasus KUB Batik Pringmas, Papringan, Banyumas).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam budaya salah satunya batik Pringmas yang diproduksi oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Papringan,Banyumas. Batik Pengiyongan memiliki sejarah yang unik yang sangat terkait dengan budaya asli Banyumasan. Produk batik tentu tidak akan luput dari strategi bersaing yang dilakukan oleh masing-masing usaha batik di Banyumas. Strategi keunggulan bersaing memiliki peranan penting di KUB Pringmas karena Batik Penginyongan memiliki nilai ekonomi budaya dengan kearifan lokal dan keunikan di setiap motif batiknya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalis strategi keunggulan bersaing kain batik di KUB Batik Pringmas melalui nilai budaya busana panginyongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kain Batik Pringmas memiliki nilai ekonomi jika ditinjau dari nilai budaya penginyongan dengan analisis daya saing, dinamika dan keativias, dan juga keberlanjan pemangu kepentingan yang dimikili Batik Pringmas. (2) Keunggulan bersaing yang meraka tonjolkan ditengah maraknya batik-batik lain di wilayah Banyumas yaitu KUB Pringmas merupakan keunikan yang terkandung dan merupakan satu-satunya kelompok usaha bersama yang masih aktif hingga sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Bersaing, Nilai Budaya, Penginyongan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: BELLA AZA ASOKAWATI sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:55
Last Modified: 25 Oct 2023 05:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22182

Actions (login required)

View Item View Item