PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MENJAGA LOYALITAS NASABAH PADA BPR GUNUNG SLAMET CABANG MAOS CILACAP DENGAN CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Sarpini, Sarpini (2023) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MENJAGA LOYALITAS NASABAH PADA BPR GUNUNG SLAMET CABANG MAOS CILACAP DENGAN CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
fika nur azizah_penerapan customer relationship management (CRM) dalam menjaga loyalitas nasabah pada BPR Gunung Slamet Cabang Maos Cilacap dengan citra perusahaan sebagai variabel moderating.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

BPR Gunung Slamet Cabang Maos Cilacap telah menerima beberapa anugerah penghargaan salah satunya dari majalah perbankan yaitu “Info Bank” dengan predikat kinerja keuangan sangat bagus. Namun BPR Gunung Slamet masih menempati peringakat yang rendah dari kategori dana pihak ketiga yang mana DPK merupakan dana yang penting bagi kegiatan operasi suatu bank dan DPK dapat mengindikasikan kepercayaan masyarakat terhadap bank tersebut. Oleh karenanya, posisi itu masih terbilang rendah dan dapat dikatakan belum sepenuhnya masyarakat percaya terhadap Bank BPR Gunung Slamet. Karena kepercayaan konsumen dinyatakan sebagai komponen penting untuk menjaga hubungan yang berkelanjutan diantara semua pihak yang terlibat. Melalui kepercayaan yang terbangun diantara berbagai pihak yang terlibat memungkinkan terjalinnya hubungan lebih intensif mengingat masing-masing pihak memiliki kepercayaan untuk bisa memenuhi tanggung jawabnya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Menjaga Loyalitas Nasabah Pada BPR Gunung Slamet Cabang Maos Cilacap Dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penentuan populasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Acindental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer relationship management berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, customer relationship management dan citra perusahaan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. selain itu citra perusahaan dapat memperkuat pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas nasabah namun tidak dapat memoderasi customer relationship management terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Citra Perusahaan, Loyalitas Nasabah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fika Nur Azizah
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:51
Last Modified: 25 Oct 2023 05:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22181

Actions (login required)

View Item View Item