PROBLEMATIKA GURU KELAS IV DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SDN 2 SIKAPAT-BANYUMAS

Novia, Lestari (2023) PROBLEMATIKA GURU KELAS IV DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SDN 2 SIKAPAT-BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NOVIA LESTARI_Problematika Guru Kelas IV dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar SDN 2 Sikapat-Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembaharuan kurikulum mempunyai pengaruh yang besar dalam proses pembelajaran karena melalui pembaharuan ini proses, model atau metode pembelajaran akan lebih efektif dan efisien serta akan memberikan kemajuan dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia untuk menjadikan pendidikan di Indonesia lebih baik. Kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan di SDN 2 Sikapat meskipun tidak terlepas dari berbagai problematika yang dialami guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui guru kelas IV dalam mengimplementasikan kuriklum merdeka SDN 2 Sikapat, 2. Untuk mengetahui problematika guru kelas IV dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar SDN 2 Sikapat, 3. Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi problematika terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar SDN 2 Sikapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsaan data dilakukan dengan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama, di SDN 2 Sikapat sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek, asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, pembelajaran berbasis mata pelajaran, IPAS, ATP dan Modul Ajar disusun secara bertahap bersama-sama dengan kelompok kerja guru.Kedua, problematika guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran adalah melnganalisis Capaian Pelmbellajaran (CP) melnjadi Tuljulan Pelmbellajaran (TP), melnyulsuln Alulr Tuljulan Pelmbellajaran (ATP) dan melmbulatnya dalam belntulk Modull Ajar, kesulitan dalam menentukan strategi dan metode pembelajaran, kurangnya buku pegangan guru dan buku referensi, pelndisplinan waktul, kulrangnya pelrsiapan gulrul dan keltelrbatasan meldia ataul alat pelraga yang digulnakan dalam pellaksanakan pelmbellajaran melnyelbabkan pelmbellajaran seldikit telrhambat,materi ajar yang terlalu luas, menentukan bentuk asesmen dan bentuk asesmen pada pembelajaran berbasis proyek.Ketiga, upaya yang diterapkan guru dalam mengatasi permasalahan implementasi kurikulum merdeka belajar adalah dengan mengikuti pelatihan baik dari kepala sekolah maupun gurunya, mencari referensi di sosial media: wa grup, youtobe serta guru belajar secara autodidak dan juga belajar lewat platform merdeka belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Guru, Kurikulum Merdeka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novia lestari sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:50
Last Modified: 25 Oct 2023 05:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22179

Actions (login required)

View Item View Item