aprie, nuruliana (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) DALAM MELAYANI TRANSAKSI PRODUK GADAI DAN NON GADAI DI PEGADAIAN KC PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
APRIE NURULIANA_ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) DALAM MELAYANI TRANSAKSI PRODUK GADAI DAN NON-GADAI DI PEGADAIAN KC PURWOKERTO.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pegadaian Digital Service (PDS) merupakan layanan digital dari pegadaian dalam bentuk aplikasi yang berbasis web dan mobile. PDS akan melayani nasabah dan calon nasabah yang ingin mendapatkan informasi produk-produk pegadaian. Keunggulan dari Pegadaian Digital Service ini adalah dari segi kecepatannya, nasabah mendapatkan pelayanan setara dengan yang diberikan oleh pelayanan di outlet Pegadaian. Kehadiran dari Pegadaian Digital Service ini diharapkan semakin menguatkan minat generasi milenial untuk bisa lebih dekat dengan produk-produk Pegadaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang dilakukan oleh aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) di Pegadaian KC Purwokerto, dan bagaimana keefektifan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) dalam melayani produk gadai dan non-gadai di Pegadaian KC Purwokerto. Berdasarkan tujuan penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 10 responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selain itu, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pegadaian KC Purwokerto sudah memberikan kemudahan dan kepuasan kepada nasabahnya dalam memenuhi kebutuhan nasabah dalam bertansaksi produk-produk pegadaian menggunakan aplikasi PDS dengan cepat, aman, dan nyaman. Keberadaan aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) cukup efektif dan efisien sehingga memudahkan nasabah dalam bertransaksi tanpa harus datang langsung ke kantor Pegadaian. Beberapa dari nasabah tersebut merasakan efisiensi dan efektifitasnya karena aplikasi PDS ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja sehingga nasabah yang bekerja dari pagi hingga malam tetap bisa bertransaksi tanpa harus datang langsung ke kantor pegadaian. Dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengupas tentang kemudahan nasabah dalam bertransaksi menggunakan aplikasi PDS ini. Kata Kunci : Efektivitas, Pegadaian Digital Service (PDS), Gadai dan Non-Gadai
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pegadaian Digital Service (PDS), Gadai dan Non-Gadai |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aprie Nuruliana sdri |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 05:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 05:44 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22177 |
Actions (login required)
View Item |