ANALISIS INOVASI PRODUK UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA GALERI USANG

Isnatul, Fariah (2023) ANALISIS INOVASI PRODUK UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA GALERI USANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Isnatul Fariah_Analisis Inovasi Produk Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Pada Galeri Usang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Inovasi produk itu tidak hanya pada pengembangan produk-produk yang telah ada, namun inovasi produk bisa diartikan sebagai pengenalan untuk produk baru atau yang belum ada sebelumnya. Selain itu, dengan melakukan daur ulang dalam rangka meningkatkan sebuah barang atau jasa yang bisa dihasilkan oleh perusahaan. Inovasi bisa digunakan sebagai strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing. Karena tujuan utama dari inovasi yaitu untuk dapat memenuhi permintaan pasar. Sehingga produk yang di inovasi memiliki nilai lebih untuk dapat memperoleh keunggulan bersaing. Galeri usang adalah usaha yang bergerak dalam kerajinan tangan melakukan inovasi untuk menjawab persoalan utama yaitu bagaimana inovasi produk yang diterapkan Galeri Usang untuk dapat menciptakan keunggulan bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk pada galeri usang dalam menciptakan keunggulan bersaing di dasarkan pada tiga indikator inovasi produk yaitu kualitas produk, fitur produk atau varian produk, dan desain dan rancangan produk sudah dapat menciptakan keunggulan bersaing. Dengan kualitas dari ketahanan produk, ketelitian dan kerapihan dari produk galeri usang sudah baik. Fitur produk atau varian produk memiliki keunikan, keistimewaan tersendiri. Dengan bahan yang digunakan dari daun dan sampah telah menjadi kekhasan tersendiri bagi galeri usang. Desain dan rancangan produk yaitu brand image yang dimiliki oleh galeri usang dan memiliki nilai kegunaan yaitu sebagai pajangan. Kata Kunci : Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, dan Galeri Usang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, dan Galeri Usang
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Isnatul Fariah sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:27
Last Modified: 25 Oct 2023 05:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22169

Actions (login required)

View Item View Item