PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN, DAN MOTIF EMOSIONAL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MUSLIM DALAM MENGGUNAKAN PRODUK DAN JASA BANK SYARIAH DI WILAYAH KABUPATEN BANYUMAS

Yessi, Elsa Saputri (2023) PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN, DAN MOTIF EMOSIONAL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MUSLIM DALAM MENGGUNAKAN PRODUK DAN JASA BANK SYARIAH DI WILAYAH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yessi Elsa Saputri_Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, dan Motif Emosional Terhadap Minat Masyarakat Muslim dalam Menggunakan Produk dan Jasa Bank Syariah di Wilayah Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan Bank Syariah di Indonesia terbilang cukup pesat sejak awal kemunculannya. Namun, berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan, menyebutkan bahwa pangsa pasar bank syariah masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan bank konvensional. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah rekening nasabah bank syariah di Kabupaten Banyumas yang hanya memiliki 381.000 rekening nasabah dari seluruh total nasabah sebanyak 4.177.225 pada tahun 2022. Hal itu mengindikasikan bahwa minat masyarakat muslim khususnya di Kabupaten Banyumas terhadap bank syariah masih tergolong kecil. Hal ini terjadi karena sebagian masyarakat muslim di Kabupaten Banyumas masih memiliki sedikit informasi mengenai bank syariah. Tujuan dari diadakannya penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, kepercayaan, dan motif emosional terhadap minat masyarakat muslim dalam menggunakan produk dan jasa bank syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat muslim di wilayah Kabupaten Banyumas. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dengan cara menyebar kuisioner kepada 125 responden. Peneliti menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS 20. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel pengetahuan, kepercayaan, serta motif emosional secara parsial berpengaruh positif terhadap minat masyarakat menggunakan produk dan jasa bank syariah. Serta secara simultan variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh positif terhadap minat masyarakat menggunakan produk dan jasa bank syariah di wilayah Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kepercayaan, Motif Emosional, Minat menggunakan Bank Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Yessi Elsa Saputri
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:41
Last Modified: 25 Oct 2023 05:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22168

Actions (login required)

View Item View Item