ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS VI MI SALAFIYAH ASYAFI’IYAH BELIK

Ihza, Lukni Maarif (2023) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS VI MI SALAFIYAH ASYAFI’IYAH BELIK. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IHZA LUKNI MAARIF_ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS VI MI SALAFIYAH ASYAFI'IYAH BELIK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada era modern ini, Smartphone menjadi sangat populer dan dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. Salah satu faktor yang memperkuat tren ini adalah pandemi Covid-19, di mana Smartphone digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak-anak usia dasar. Namun, penggunaan Smartphone juga berdampak pada kehidupan sosial masyarakat, mengubah gaya hidup, pola pikir, dan perkembangan sosial anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengawasi penggunaan Smartphone oleh anak-anak mereka agar sesuai dengan kebutuhan mereka dan tidak menyimpang dari perilaku yang baik. Smartphone memiliki dampak positif dan negatif tergantung pada bagaimana cara penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Smartphone terhadap perilaku siswa kelas VI di MI Salafiyah Asyafi’iyah Belik Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif karena menggambarkan dampak yang ditimbulkan oleh Smartphone terhadap perilaku siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, dari 18 siswa kelas VI, 10 siswa memiliki Smartphone dan sisanya tidak memiliki Smartphone. Meskipun demikian, perilaku siswa di kelas MI Salafiyah Asyafi’iyah Belik umumnya baik, meskipun ada beberapa siswa yang tidak bertanggung jawab, siswa yang malas, dan kurang disiplin. Namun, tingkat kesopanan siswa dapat dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Smartphone, Perkembangan sosial anak
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: IHZA LUKNI MAARIF sdr
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:03
Last Modified: 25 Oct 2023 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22153

Actions (login required)

View Item View Item