Nilia-Nilai Sejarah Kebudayaan Islam dalam Novel Sangkakala di Langit Andalusia Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra

Hanifah, Lufi Zakiah (2023) Nilia-Nilai Sejarah Kebudayaan Islam dalam Novel Sangkakala di Langit Andalusia Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hanifah Lufi Zakiah_Nilai-Nilai Sejarah Kebudayaan Islam dalam Novel Sangkakala di Langit Andalusia Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejarah kebudayaan Islam seringkali diabaikan dan hampir dilupakan karena merupakan hal yang membosankan bagi kebanyakan generasi muslim masa kini.Untuk mengatasi masalah rendahnya minat generasi muslim masa kini,diperlukannya kesadaran pembelajaran terhadap sejarah kebudayaan Islam. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini merupakan penggunaan novel sebagai media pembelajaran pada konteks sejarah kebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan Nilai-Nilai Sejarah Kebudayaan Islam dalam Novel Sangkakala di Langit Andalusia Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research).Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Semiotika Ferdinan De Saussure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai sejarah kebudayaan Islam dalam novel Sangkakala di Langit Andalusia yang meliputi nilai toleransi, nilai demokrasi, nilai kesetaraan, nilai keadilan, nilai tolong menolong dan nilai persaudaraan. Nilai-nilai sejarah kebudayaan Islam tersebut dapat dikontekstualisasi dengan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Sejarah Kebudayaan Islam, Novel Sangkakala di Langit Andalusia, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.3 Daulah Umawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanifah Lufi Zakiah sdr
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:46
Last Modified: 25 Oct 2023 02:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22151

Actions (login required)

View Item View Item