PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING MUAMALAT DIN (Studi Kasus Nasabah Bank Muamalat KCP Purbalingga)

Tara, Zaqia (2023) PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING MUAMALAT DIN (Studi Kasus Nasabah Bank Muamalat KCP Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TARA_ZAQIA_PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING MUAMALAT DIN (Studi Kasus Nasabah Bank Muamalat KCP Purbalingga) .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyaknya lembaga perbankan yang beroperasi saat ini membuat persaingan antar bank begitu ketat, oleh sebab itu loyalitas nasabah sangat diperlukan untuk perkembangan perusahaan. Nasabah yang loyal merupakan peluang yang baik untuk mendapatkan nasabah baru. Perkembangan teknologi yang semakin modern juga mendorong bank muamalat untuk melakukan inovasi baru salah satunya dengan meluncurkan aplikasi mobile banking yaitu Muamalat DIN untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi jarak jauh. Namun, ada beberapa masalah seperti terkendalanya transaksi atau error, kurangnya pemahaman nasabah mengenai transaksi secara digital melalui aplikasi mobile banking. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh experiental marketing dan e-service quality secara parsial maupun secara simultan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 responden yang terdiri dari nasabah yang memiliki aplikasi Muamalat DIN. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket/kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R²) dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. kemudian uji asumsi klasik yang digunakan ialah uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial experiental marketing tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan (0,111 > 0,05), dan e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan (0,00 < 0,05). Sedangkan secara simultan experiental marketing dan e-service quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05), dengan nilai koefisien determinasi sebesar 48,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Experiental Marketing, E-Service Quality, Loyalitas Nasabah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Tara Zaqia sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:40
Last Modified: 25 Oct 2023 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22144

Actions (login required)

View Item View Item