PENERAPAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL 'ULUUM PURWOKERTO

Devi, Quraeny (2023) PENERAPAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL 'ULUUM PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DEVI SILVIAN QURAENY_PENERAPAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL 'ULUUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang punishment atau hukuman yang diterapkan oleh pengurus pondok pesantren Roudlotul Uluum dalam menangani santri yang motivasi belajarnya menurun. Penelitian ini dilatabelakangi atas adannya menurunya motivasi belajar. Motivasi belajar menurun yang dialami santri menyebabkan santri melakukan pelanggaran. Menurunya motivasi belajar menjadikan punishment sebagai membantu untuk meningkatkan kembali motivasi belajar santri. Fokus penelitian ini tentang jenis punishment yang diterapkan oleh pengurus dalam meningkatkan kembali motivasi belajar para santri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan punishment untuk meningkatkan motivasi belajar santri. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdapat 5 pengurus pondok pesantren santri putri dan 5 santri putri yang sering terkena punishment sebagai memenuhi informasi terkait penelitian yang diteliti. Sebagai analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan punishment yang diterapkan di Pondok Pesantren Roudlotul ‘Uluum yaitu punishment yang mendidik dimana punishment yang diberikan bersifat positif dan mendidik santrinya. U ntuk penerapanya sendiri, punishment terdiri dari beberapa jenis yakni punishment mengaji, punishment tadarus minggu pagi, punishment khitobah, Punishment Al Barzanji, punishment keluar tanpa izin, punishment setoran sabtu pagi, dan punishment jamaah. Adapun jenis punishment yang sering diberlakukan terhadap santri yaitu punishment mengaji dan keluar tanpa izin. Pelaksanaan punishment diberikan waktu selama 2 minggu. Sejauh ini penerapan punishment memberikan perubahan motivasi pada santri berupa perubahan sikap dan aktif dalam belajar walaupun belum maksimal hasilnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Punishment, Motivasi Belajar, Pondok Pesantren
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Devi Silvian Quraeny sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:40
Last Modified: 25 Oct 2023 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22132

Actions (login required)

View Item View Item