PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI BALAI BENIH IKAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP)

Burhanuddin, Robbani (2023) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI BALAI BENIH IKAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Burhanuddin Robbani_ Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Budidaya Ikan Air Tawar Dalam Meningkatkan Pendapatan (studi kasus di Balai Benih Ikan Majenang Kabupaten Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan merupakan upaya untuk mencapai keadilan dan kemajuan yang lebih efektif secara struktural. Budidaya ikan air tawar merupakan upaya yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Desa Jenang Kecamatan Majenang dalam menjalankan kegiatan perikanan, masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan produksi ikan untuk kebutuhan konsumsi maupun komersial, serta mengoptimalkan potensi sumber daya ikan air tawar yang ada di lingkungan sekitar mereka. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat nelalui budidaya ikan air tawar dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Kecamatan Majenang. Tujuannya untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budidaya ikan air tawar dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Jenang kecamatan Majenang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan ekonomi melalui budidaya ikan air tawar di Desa Jenang, berhasil meningkatkan pendapatan masyarakat secara signifikan. Adanya pemberdayaan akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam aspek ekonomi. Hal ini meningkatkan efektivitas dan efisiensi usaha mereka, terutama dalam mencapai keuntungan dengan modal yang terbatas. Kendalanya ialah keterbatasan modal, fluktuasi harga pakan ikan, faktor cuaca, dan kesadaran masyarakat yang perlu ditingkatkan. Secara keseluruhan, pemberdayaan ekonomi melalui budidaya ikan air tawar di Desa Jenang terbukti cukup efektif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memberikan peluang usaha yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, Budidaya Ikan Air Tawar, Pendapatan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Burhanuddi Robbani sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:38
Last Modified: 25 Oct 2023 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22126

Actions (login required)

View Item View Item