PERSEPSI TERHADAP GAYA RETORIKA DAKWAH (STUDI TERHADAP VIEWERS CHANNEL YOUTUBE HUSAIN BASYAIBAN)

Roihanifa, Al Kudus (2023) PERSEPSI TERHADAP GAYA RETORIKA DAKWAH (STUDI TERHADAP VIEWERS CHANNEL YOUTUBE HUSAIN BASYAIBAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Roihanifa Al Kudus_Persepsi Terhadap Gaya Retorika Dakwah (Studi Terhadap Viewers Channel Youtube Husain Basyaiban).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemajuan serta perkembangan teknologi saat ini telah memeberi kemajuan serta kelapangan dalam berhubungan di kehidupan manusia serta memberi banyak perubahan, salah satunya dalam bidang dakwah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam penyebaran dakwah sehingga para pelaku dakwah pun harus turut mengikuti perkembangan teknologi, contohnya menggunakan sosial media. Platform sosial media yang banyak digunakan oleh para pendakwah yaitu youtube. Salah satu pendakwah yang cukup menarik perhatian mad’u yaitu Husain Basyaiban. Dimana Husain dalam waktu singkat dapat menarik banyak perhatian penonton dikarenakan dalam penyampaian dakwahnya dia memberikan sumber atau dalilnya juga, kemudian juga pemilihan tema dakwah yang fresh membuat mad’u banyak yang tertarik. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pemilihan sample secara purposive sampling. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi dari viewers channel youtube Husain Basyaiban yaitu “kadamsidik” terhadap gaya retorika dakwahnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa menurut persepsi penonton, dalam penyampaian ceramahnya, penonton setuju bahwa Husain memiliki ritma yang cepat sehingga terkesan tidak ada jeda dalam penyampaian dakwahnya. Tetapi dibalik cepanya ritma dari dakwah tersebut, penonton juga mengatakan bahwa Husain memiliki artikulasi yang jelas. Kemudian Husain juga menggunakan istilah-istilah perumpamaan dalam gaya bahasanya untuk mempermudah mad’u dalam menerima pesan dakwahnya. Selanjutnya yaitu pakaian yang dikenakan oleh Husain adalah pakaian santai sehari-hari, kemudian ekspresi yang dikeluarkan oleh Husain juga sangat ekspresif, sehingga penonton merasa senang dan asik saat menonton ceramahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Gaya Retorika Dakwah, Youtube
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ROIHANIFA AL KUDUS sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:57
Last Modified: 25 Oct 2023 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22124

Actions (login required)

View Item View Item