PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII SMP MA'ARIF NU PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

Widya, Irma Yanti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII SMP MA'ARIF NU PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WIDYA IRMA YANTI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN .pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis sangat penting untuk dimiliki siswa, karena kemampuan ini memiliki keterkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan representasi matematis maka peneliti memilih model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan representasi matematis pada siswa kelas VII SMP Ma’arif NU Paguyangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu jenis penelitian eksperimen, karena terdapat pengaruh (perlakukan/treatment) yang akan diberikan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Ma’arif NU Paguyangan. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII B dan VII C dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal urain pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji N-Gain dan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Ma’arif NU Paguyangan. Terlihat dari hasil uji t sampel independen terhadap nilai N-Gain yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga terdapat pengaruh kemampuan representasi matematis pada siswa kelas VII SMP Ma’arif NU Paguyangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Widya Irma Yanti sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:30
Last Modified: 25 Oct 2023 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22122

Actions (login required)

View Item View Item