ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KURANGNYA MINAT MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH (Studi Empiris Pada ASN Guru Di Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis)

Teni Lutfi, Azizah (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KURANGNYA MINAT MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH (Studi Empiris Pada ASN Guru Di Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Teni Lutfi Azizah_1917202090.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan analisis faktor yang mempengaruhi kurangnya minat menjadi nasabah pada bank syariah melalui studi empiris pada ASN Guru di Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor manakah yang memiliki pengaruh nilai tertinggi dan pengaruh nilai terendah terhadap minat ASN Guru di Kecamatan Cipaku menjadi nasabah pada bank syariah. Penelitian ini menggunakan Theory Of Planned Behavior merupakan teori yang menjelaskan perilaku manusia dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu: behaviorral beliefs, normative beliefs, control beliefs. Keyakinan perilaku menciptakan sikap seperti menyukai atau sebaliknya preferensi berdasarkan Tindakan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan menggunakan teknik Non Probability Sampel yaitu metode sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 100. Penelitian ini terdapat 59 indikator pertanyaan yang mempengaruhi keputusan pembelian dengan 10 variabel laten yaitu lokasi, pengetahuan, kepercayaan, promosi, persepsi, motivasi, produk, gender, fasilitas dan religiusitas. Teknik analisis menggunakan Corfirmantory Factor Analysis (CFA). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa lokasi, pengetahuan, kepercayaan, promosi, persepsi, motivasi, produk, gender, fasilitas dan religiusitas mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kurangnya minat menjadi nasabah pada bank syariah. Dari faktor-faktor tersebut terdapat faktor dengan nilai Original sampel tertinggi yaittu variabel fasilitas dan nilai Original Sampel terendah yaitu variabel motivasi. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan faktor yang lebih mempengaruhi terhadap minat nasabah seperti faktor psikologis dan gaya hidup, serta dapat dikelompokan lebih jelas. Kata Kunci : Analisis Faktor, Minat Nasabah, Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor, Minat Nasabah, Bank Syariah.
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Teni Lutfi Azizah sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:36
Last Modified: 25 Oct 2023 01:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22120

Actions (login required)

View Item View Item