PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Anggota Pembiayaan KSPPS Zam-Zam Barokah Muhammadiyah Cilongok)

Meisi, Anggi Azhari (2023) PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Anggota Pembiayaan KSPPS Zam-Zam Barokah Muhammadiyah Cilongok). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MEISI ANGGI AZHARI 1717202083.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kesejahteraan hidup merupakan dambaan setiap manusia, masyarakat yang sejahtera tidak akan terwujud jika para anggotanya hidup dalam keadaan miskin. Oleh karena itu, kemiskinan harus dihapuskan karena merupakan suatu bentuk ketidak sejahteraan yang menggambarkan suatu kondisi yang serba kurang dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi. Lembaga keuangan merupakan perantara dalam hal keuangan yang sangat mendukung untuk menjunjung kelancaran perekonomian. Dalam penelitian ini, masalah umum yang dikemukakan adalah bagaimana peran KSPPS Zam-Zam Barokah Muhammadiyah Cilongok dalam meningkatkan kesejahteraan anggota? Penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu penelitian kualitatif. penelitian ini dilakukan secara deskriptif yang berdasarkan susunan sistematis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Zam-Zam Barokah Muhammadiyah Cilongok berperan dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dengan memberikan kemudahan bagi anggota yang mau melakukan pembiayaan, memberikan pembagian SHU setiap tahun kepada anggota dan melakukan monitoring kepada anggota setiap 3 bulan sekali yang dilakukan oleh marketing. Dari indikator kesejahteraan diperoleh hasil bahwa Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Zam-Zam Barokah Muhammadiyah Cilongok dapat meningkatkan kesejahteraan anggota melalui pembiayaan yang diberikan, pembiayaan yang dilakukan oleh anggota untuk permodalan usaha sehingga usaha anggota dapat berjalan dan dapat meningkatkan penghasilan anggota serta adanya kesehatan keluarga yang lebih baik dan adanya investasi ekonomi berupa tabungan. Kata Kunci: Peran, KSPPS, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, KSPPS, Kesejahteraan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Meisi Anggi Azhari sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:28
Last Modified: 25 Oct 2023 01:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22117

Actions (login required)

View Item View Item