PENGARUH PERSEPSI HARGA, LOKASI, PROMOSI, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGAMBIL PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA CABANG PURWOKERTO KARANG KOBAR)

Syifa, Risheilla Inka (2023) PENGARUH PERSEPSI HARGA, LOKASI, PROMOSI, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGAMBIL PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA CABANG PURWOKERTO KARANG KOBAR). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Syifa Risheilla Inka_Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi, Promosi, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan Pemilikan Rumah Di Bank Syariah Indonesia.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi sedangkan semakin berkembangnya zaman mempengaruhi jenis rumah yang membuat harga rumah menjadi sangat tinggi menurut persepsi beberapa orang. Beberapa hal yang diperhatikan saat memilih rumah yaitu harga rumah, dan lokasi rumah yang strategis dekat dengan berbagai fasilitas umum. Hal ini menjadi peluang bagi badan perbankan untuk mempromosikan produk pembiayaan pemilikan rumah sebagai jalan alternatif untuk memudahkan seseorang memenuhi kebutuhan pokok yaitu rumah. Dengan melihat prosentase penduduk khususnya di Purwokerto yang mayoritas beragama Islam juga memperhatikan sistem dari produk yang akan dipakai khususnya pembiayaan supaya terhindar dari riba Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, lokasi, promosi, dan religiusitas terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan pemilikan rumah di Bank Syariah Indonesia cabang Purwokerto Karang Kobar. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 75 responden nasabah Bank Syariah Indonesia yang memiliki produk pembiayaan kepemilikan rumah. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi ordinal dan pengolahan data dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi harga, lokasi, promosi, dan religiusitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan pemilikan rumah di Bank Syariah Indonesia. Kemudian secara simultan variabel persepsi harga, lokasi, promosi, dan religiusitas berpengaruh positif signifikan, artinya semakin baik persepsi rumah, lokasi, promosi, dan religiusitas maka akan semakin baik dan mendukung keputusan nasabah mengambil pembiayaan pemilikan rumah di Bank Syariah Indonesia. Kata kunci: pembiayaan, persepsi harga, lokasi, promosi, religiusitas, keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembiayaan, persepsi harga, lokasi, promosi, religiusitas, keputusan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Syifa Risheilla Inka sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:26
Last Modified: 25 Oct 2023 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22112

Actions (login required)

View Item View Item