:KhoeriyatulKhotim, 1223301076 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.
Text
KHOERIYATUL KHOTIM_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUISTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 menjadiperbincanganhangatdalamduniapendidikanterutamamengenaiadanyaperubahanpadapendekatanpembelajarandan proses penilaiannya. Pendekatanpembelajaran yang digunakanadalahpendekatansaintifikataupendekatanilmiah.Pendekataniniharusditerapkandalampembelajaran agar pembelajaranmenjadilebihaktif.Penerapanpendekatansaintifikdalampembelajaranharusdidukungolehmetodepembelajaran yang sesuaisepertimetodediscovery learning.ApalagiuntukpembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.Metodeinidirasatepatuntukmenyampaikanmateri-materi yang berhubungandengankonsep-konsepajaran Islam.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuitujuanpenggunaan, karakteristik, sertabagaimanajalannyapenerapanpendekatansaintifikdenganmetodediscovery learning dalampembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Purwokerto. Jenispenelitianiniadalahrisetlapangan (field research), denganmenggunakanpendekatankualitatifdanbersifatdeskriptif.SubjekpenelitianiniadalahWakaKurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekeri, sertapesertadidik SMK Negeri 1 Purwokerto.Metodepengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi.Metodeanalisis yang digunakanolehpenulisadalahreduksi data (data reduction), penyajian data (data display), danverifikasi (conclusing drawing). Berdasarkanhasilpenelitian yang penulislakukan, dapatdiambilkesimpulanbahwapendekatansaintifikdenganmetodediscovery learning dalampembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekertibertujuanuntukmeyakinkan, memahamkan, danmenguatkankonsepajaran Islam dalamdiripesertadidiksehinggamerekadapatmengamalkannyadalamkehidupansehari-hari. Karakteristikpembelajaraniniadalahadanyakeaktifanpesertadidikterhadappembelajaran, adanyapemberianmasalaholeh guru untukdipecahkanolehpesertadidik, danadanyabimbinganoleh guru padaawalpembelajaranuntukmengarahkanpesertadidikdalammenemukankonsepdanmateripelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti agar tidakkeliru. Langkah-langkahpendekatansaintifikdenganmetodediscovery learning dalampembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi PekertimeliputikegiatanMengamatimelaluiStimulation, MenanyamelaluiProblem Statement, MencobamelaluiData Collection, MenalarmelaluiData Processing danVerification, danMengkomunikasikanmelaluiGeneralization.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PendekatanSaintifikdenganMetodeDiscovery Learning, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMK Negeri 1 Purwokerto |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 05:27 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 05:27 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2211 |
Actions (login required)
View Item |