PENGARUH GREEN BANKING DISCLOSURE, ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DIMODERASI OLEH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022)

Zulfa Eza, Sabila (2023) PENGARUH GREEN BANKING DISCLOSURE, ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DIMODERASI OLEH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Zulfa Eza Sabila_Pengaruh Green Banking Disclosure, Islamic Social Reporting Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi Oleh Mekanisme Corporate Governance.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nilai perusahaan sangat penting bagi perusahaan yang telah go public sebab nilai perusahaan yang tinggi mendorong keberlanjutan usahanya. Langkah yang diambil untuk meningkatkan nilai perusahaan adalah dengan perusahaan memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan lingkungan. Untuk itu dalam bank umum syariah perlu adanya praktik bank yang ramah lingkungan (green banking) dan Islamic Social Reporting (ISR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green banking disclosure, Islamic Social Reporting disclosure terhadap nilai perusahaan dimoderasi oleh mekanisme corporate governance pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Inonesia periode 2018-2022. Pengungkapan green banking sebagai variabel bebas diproyeksikan dengan Green Banking Disclosure Index (GBDI), variabel terikat nilai perusahaan diproyeksikan dengan Tobin’s Q. Sementara variabel moderasi mekanisme corporate governance diproksikan dengan kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dan komite audit. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis data sekunder berupa annual report yang telah terpublikasi. Data sampel yang diperoleh menggunaan teknik purposive sampling dan analisis menggunakan teknik analisis regresi berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukan secara parsial hanya Islamic Social Reporting disclosure yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan green banking disclosure dan ISR disclosure berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pada uji MRA, secara parsial hanya dewan komisaris independen yang dapat memoderasi pengaruh green banking disclosure terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara simultan kepemilikan institusional, dewan komisaris independen dan komite audit dapat memoderasi pengaruh green banking disclosure, Islamic Social Reporting disclosure terhadap nilai perusahaan. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel kinerja keuangan, profitabilitas yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Kata Kunci : Green Banking, ISR, Nilai Perusahaan, Mekanisme Corporate Governance

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Green Banking, ISR, Nilai Perusahaan, Mekanisme Corporate Governance
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Zulfa Eza Sabila sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:24
Last Modified: 25 Oct 2023 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item View Item