PEMENUHAN HAK ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM

Cantika, Rahmawati (2023) PEMENUHAN HAK ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cantika Rahmawati_Pemenuhan Hak Anak Pada Keluarga Tenaga Kerja Wanita Perspektif Hukum Keluarga Islam (Studi Kasus di Desa Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tenaga Kerja Wanita merupakan istilah yang digunakan bagi wanita yang dapat bekerja dengan menerima upah. Pada Pada penelitian ini yaitu tentang Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja di luar negeri di Desa Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis agar dapat membiayai kebutuhan keluarganya. Akan tetapi hal ini mengakibatkan pengasuhan anak dilakukan oleh ayah atau kerabat si anak. Sehingga hak-hak anak tidak terpenuhi secara optimal. Selain hak-hak anak yang tidak terpenuhi, hak-hak suami juga tidak terpenuhi secara optimal. Sehingga mengakibatkan rusaknya rumah tangga, setelah itu sebagian besar ayah (suami) menyerahkan pengasuhan anak-anaknya kepada kerabat si anak seperti kakek, nenek atau bibi. Maka penulis bertujuan untuk meneliti bagaimana pemenuhan hak anak pada keluarga TKW dengan perspekif Hukum Keluarga Islam. Jenis penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Dengan pendekatan normatif-sosiologis yaitu hukum positif dan hukum Islam yang terkait dengan penelitian ini. Sumber data primernya adalah wawancara dan respondennya adalah keluarga TKW yang terdiri dari ibu, anak dan pengasuh. Selanjutnya sumber data sekunder diperoleh dari buku atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dengan teknik purposive sampling dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya dilakukan secara deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1. Pemenuhan Hak anak pada keluarga TKW di Desa Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis, tidak di asuh oleh orang tua dari si anak melainkan oleh kerabatnya. Bentuk pemenuhan hak anak yang telah dipenuhi oleh orang tua TKW meliputi nafkah,pendidikan dan perawatan. 2. Menurut perpsektif Hukum Keluarga Islam terhadap pemenuhan hak anak, orang tua bertanggung jawab merawat dan mengasuh anaknya dengan baik. Seperti yang telah disebutkan dalam hukum Islam yaitu tentang had}anah bahwa anak berhak untuk hidup, memperoleh ASI, mendapat asuhan, perawatan atau pemeliharaan, serta memperoleh pendidikan dan pengajaran. Akan tetapi sebagian besar anak TKW di Desa Puloerang tidak terpenuhi haknya sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemenuhan Hak Anak, Tenaga Kerja Wanita, Hukum Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Cantika Rahmawati sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:19
Last Modified: 25 Oct 2023 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22103

Actions (login required)

View Item View Item